GAYA BAHASA DALAM TEKS BARZANJI BUGIS OLEH H. ABDUL KARIM ‘ALY

Nurfadilah Nurfadilah(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2), Andi Fatimah Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Gaya Bahasa dalam Teks Barzanji Bugis oleh H. Abdul Karim ‘Aly. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam teks barzanji Bugis oleh H. Abdul Karim ‘Aly beserta maknanya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji gaya bahasa dalam teks barzanji Bugis yang digunakan H. Abdul Karim ‘Aly dengan menggunakan pendekatan stilistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik baca, dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini mendapatkan jenis gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, yaitu satu gaya bahasa antiklimaks, dan mendapatkan jenis gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yaitu dua gaya bahasa asindeton, satu gaya bahasa pleonasme, dua belas gaya bahasa simile, tiga gaya bahasa metafora, dan enam gaya bahasa personifikasi. Kedua, makna dari setiap gaya bahasa yang didapatkan erat kaitannya dengan perjalanan kenabiannya Nabi Saw, silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, hingga diangkat menjadi rasul, hijrah, akhlaq, peperangan, hingga wafatnya.

 


Keywords


Stilistika, gaya bahasa, teks barzanji

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. N. S. (2020). KAJIAN SEMIOTIK DALAM PUISI KETIKA ENGKAU BERSEMBAHYANG KARYA EMHA AINUN NAJIB. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 26.

Mirnawati, M. (2019). Analisis Semiotika dalam Teks Al-Barzanji. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 8(1), 31-52.

Moeliono, A., Harimurti Kridalaksana, P., Keraf, G., & Damono, S. D. (2017). Gaya Ekspresi dalam Novel Ziarah Iwan Simatupang. Membongkar Sastra, Menggugat Rezim Kepastian, 143.

Nurgiantoro, B. (2018). Stilistika. UGM PRESS.

Pradopo, R. D. (2021). Stilistika. UGM PRESS.

Rismawan, R. (2018). Pola komunikasi antarbudaya Santri Putra Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sugiharto, N. (2020). PERUNDUNGAN DAN AKIBAT BAGI TOKOH DALAM NOVEL VIRGIN KARYA AGUNG BAWANTARA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MENGANALISIS PESAN DARI NOVEL UNTUK SMA. Seminar Nasional Literasi, 5, 455-473.

Susiati, S. (2020). Gaya Bahasa Secara Umum dan Gaya Bahasa Pembungkus Pikiran: Stilistika.

Zabita, A. A. (2018). PEMANFAATAN KODE ESTETIK DAN BENTUK ESTETIKA POSTMODERN DALAM NOVEL 86 KARYA OKKY MADASARI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 539 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurfadilah Nurfadilah, Syamsudduha Syamsudduha, Andi Fatimah Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License