EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Lukman Feri(1*), Andi Sahtiani Jahrir(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di kampus berubah sangat drastis dari yang awalnya pertemuan dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara online. Banyaknya keluhan yang dialami mahasiswa membuat kami melakukan penelitian yang bertujuan menganalisis bagaimana efisiensi kuliah online ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan padlet yang disebar secara online melalui WhatsApp. Universitas Negeri Makassar mendukung kebijakan belajar dirumah saja menggunakan pembelajaran secara daring menggunakan aplikasi seperti Kelase, Zoom, Google Classroom, Whatsapp dan beberapa media lainya. Hasil pengujian yang didapatkan pembelajaran secara online kurang efisien disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti perangkat yang kurang mendukung, biaya, manajemen waktu dan yang paling banyak dikeluhkan mahasiswa adalah jaringan yang kurang stabil terlebih mahasiswa yang berada di dearah pedesaan.


Keywords


pandemik, covid-19, online, efisiensi, mahasiswa, kuliah

References


Budiman, A. 2013. Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 8(1).

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (n.d.). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19.

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Islam, P. A. 2019. Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut AGAMA Islam Negeri Tulungagung September 2019.

Komputer, J. 2017. Analisa Kinerja Koneksi Jaringan Komputer Pada SMK Teknologi Bistek Palembang.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.

Kurniawan, W., Suprianto, A., & Sumardiyono, B. 2016. Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal Rekayasa Informasi, 5(2).

Meiza, A., Hanifah, F. S., Natanael, Y., & Nurdin, F. (n.d.). Analisis Regresi Ordinal Untuk Melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring Terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.

Patria, L., & Yulianto, K. 2011. Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri.

Sudiapermana, E. 2009. Pendidikan Informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Syamsurijal, S. 2019. Artikel Survey Kepuasan Siswa Yang Berlangganan Bimbingan Belajar Online Ruang Guru. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01).


Article Metrics

Abstract view : 8887 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lukman Feri, Andi Sahtiani Jahrir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id