TEKNIK PERMAINAN ACAK KATATERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS LOROSENG ADA SIAMASÉNG

Rismawati Rismawati(1*), Kembong Daeng(2), Andi Fatimah Yunus(3),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengaruh Teknik Permainan Acak Kata terhadap Hasil Belajar Menulis Loroseng Ada Siamaséng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan acak kata terhadap hasil belajar menulis loroseng ada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest one group design. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa teknik permainan acak kata berpengaruh terhadap hasil belajar menulis loroseng ada samaséng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar menulis loroseng ada siamaséng sebelum diterapkan teknik permainan acak kata dikategorikan tidak mampu sedangkan hasil belajar menulis loroseng ada siamaséng setelah diterapkan teknik permainan acak kata dikategorikan mampu.


Keywords


pengaruh, hasil belajar, teknik permainan acak kata

Full Text:

PDF

References


Amil, Dahniar. 2016. Kemampuan Menyusun Kalimat Majemuk dalam Bahasa Makassar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: FBS UNM

Eko Prianto, Imam. 2012. Penerapan Teknik Permainan Kata dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas VII SMPN Cipayung. Skripsi. Jakarta: PGMI

Fitrianingsih. 2010. Peningkatan Kemampuan Siswa Menyusun Kalimat Melalui Teknik Acak Kata Kelas VII SMP Mallangga Selatan Tolitoli. Skripsi. Taduloka: FKIP


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rismawati Rismawati, Kembong Daeng, Andi Fatimah Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id