MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI WACANA NARASI BAHASA MAKASSAR

Fitri Amelia(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Makna Denotasi dan Konotasi dalam Wacana Narasi Bahasa Daerah Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan membedakan makna denotasi dan konotasi dalam wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 24 Makassar. Populasinya bersifat homogen karena urutan kelasnya tidak didasarkan pada kemampuan akademik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan acak, yatiu dengan mengundi nama kelas hingga didapatkan satu sampel yaitu siswa kelas VIII-4 sebanyak 33 orang sesuai dari jumlah populasi kelas. Dalam mendapatkan data yang akurat, maka digunakan jenis tes, yaitu tes isian dan tes essai sebagai instrumen penelitian. Kriteria penilaiannya berupa keterampilan siswa secara keseluruhan yang berada pada taraf rendah. Hasil penelitian diperoleh adalah siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sangat sedikit, hanya 14 orang dengan persentase 42% dan 19 siswa memperoleh 58 % di bawah KKM.


Keywords


makna, denotasi dan konotasi, wacana narasi

Full Text:

PDF

References


Amelia, F. (2016). Kemampuan Membedakan Makna Denotasi dan Konotasi dalam Wacana Narasi Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Ayuningsih, R. (2017). Kemampuan Menulis Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Berdasarkan Wacana Bahasa Makassar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Takwa Kabupaten Gowa. FBS.

Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Rineka Cipta.

Choiriah, A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Dalam Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, 1(1).

Daeng, K., & Syamsuddin, B. (2014). Bahan Ajar Bahasa Makassar. Makassar: Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Hijjang, P. (2014). Pasang dan Kepemimpinan Ammatoa: Memahami Kembali Sistem Kepemimpinan Tradisional Masyarakat Adat dalam Pengelolaan Sumberdaya Hutan di Kajang Sulawesi Selatan. Antropologi Indonesia.

Iqbal, M., & Iqbal, M. (2016). Kemampuan Menulis Teks Pengumuman bahasa makassar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galesong Selatan. Universitas Negeri Makassar.

Jaya, I. (2010). Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Citapustaka media Perintis.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.


Article Metrics

Abstract view : 284 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitri Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id