PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK (MAPL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TIPE DRILLS

Nawir Rahman(1*), Wulan Dwi Anggraini(2), Hernawan Hernawan(3),

(1) Public Administration Department, Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Komputer dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Tipe Drills pada Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Mandalle Kabupaten Pangkep.Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan Siklus berdaur ulang menurut Tampubolon untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak Komputer Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Tipe Drills Pada Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Mandalle Kabupaten Pangkep dengan tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan (1) Peningkatan pada setiap pertemuan pada Siklus I dikategorikan Cukup sedangkan setiap pertemuan pada Siklus II dikategorikan Baik;(2)  Aktivitas siswa setiap pertemuan pada Siklus I dikategorikan Cukup sedangkan pada Siklus II dikategorikan Baik; (3)Peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai rata-rata siswa yang terus meningkat dari Siklus I  dengan jumlah nilai rata-rata siswa 74 dan Siklus II nilai rata-ratanya menjadi 90; (4) Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 46 persen meningkat pada siklus II dengan persentase 92 persen.

 

Kata kunci : hasil belajar, tipe drills.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.