PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ASPEK AFEKTIF SISWA

Pipin Erlina(1*), Umi Chotimah(2),

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen tipe time series design yang menggunakan satu kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan angket.  Berdasarkan hasil rerata observasi aspek afektif siswa yang diperoleh dari data sebelum dan sesudah diterapkannya pendidikan karakter sebesar 75.55% dan  meningkat menjadi 85.05%, sedangkan hasil rerata angket pada pertemuan awal sebelum diterapkannya pendidikan karakter untuk angket pendidikan karakter dan  aspek afektif sebesar 71.26%  dan 77.84% dan hasil rerata angket pada pertemuan akhir sesudah diterapkan adalah meningkat menjadi 79.35% dan 86.78%, selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test maka diperoleh nilai hitung sebesar 33.377 > 6,756 pada taraf signifikan 5% atau α =.05 dengan demikian tolak Ho dan terima Ha, artinya “terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi  pendidikan karakter sesudah diterapkannya pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa”. 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 440 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.