PEMBANGUNAN KARAKTER PESERTA DIDIK: PENGKONDISIAN RAS MELALUI PEMANFAATAN POTENSI PERMAINAN TRADISIONAL BUGIS-MAKASSAR

Dimas Ario Sumilih(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Disadari bahwa bangsa Indonesia dihadapi pada permasalahan moralitas generasi muda yang bersumber dari karakter peserta didik. Pendidikan ilmu-ilmu sosial, khususnya antropologi, dapat mengambil peran dan memberikan sumbangan terhadap pembangunan karakter peserta didik dengan menggali potensi-potensi budaya. Salah satu potensi budaya yang menjadi minat perhatian antropologi adalah adanya permainan tradisional yang syarat akan nilai-nilai pembangunan karakter budaya bangsa. Permainan tradisional tersebar pada setiap masyarakat di belahan nusantara, termasuk Bugis-Makassar. Upaya pemanfaatan potensi permainan tradisional dalam pembangunan karakter peserta didik perlu ditumbuhkembangkan antara lain melalui pengkondisian RAS (Recticular Activating System). RAS dipandang mampu menjadi benteng dan pelindung yang membangun karakter peserta didik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 452 times | PDF view : 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.