PEMBENTUKAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU PROFESIONAL MELALUI PENDIDIKAN PROFESI GURU BERASRAMA

Jumadi .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan profesi guru berasrama dalam rangka pembentukan kompetensi sosial calon guru profesional dan dampak pendidikan berasrama bagi peningkatan kompetensi sosial calon guru profesional pada program Pendidikan Profesi Guru pasca Sarjana Mendidik di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG SM-3T). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar dengan fokus adalah peningkatan kompetensi sosial calon guru profesional dan lokus pada program PPG SM-3T. Model penelitian adalah evaluative, teknik pengumpulan data melalui observasi, penilaian teman sejawat (STS), penilaian kehidupan asrama (HA) dan kegiatan asrama (KA), penilaian pengelola program. Analisis data dilakukan secara deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan profesi guru berasarama dilakukan melalui program pendidikan yang konprehensif-holistik yang mencakup pendidikan keagamaan, pengembangan akademik, Life skill, memupuk wawasan NKRI, dan membangun wawasan global untuk menghasilkan calon guru profesional yang memiliki kompetensi utuh, unggul dan berkarakter, termasuk kompetensi sosial. Dampak pendidikan berasrama bagi penyiapan calon guru profesional melalui program Pendidikan Profesi Guru pasca Sarjana Mendidik di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal dapat meningkatkan kompetensi sosial calon guru profesional.

 

Kata Kunci : Kompetensi Sosial dan Penyiapan Calon Guru Profesional


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 192 times | PDF view : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.