The Use of Virus Models to Improve Biology Learning Outcomes of Virus Body Structure
(1) SMA Negeri 1 Balikpapan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjoem.v1i1.37030
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud, “Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMA,” in Dirjen Dikdaasmen Kemdikbud, 2013.
Rahmawati, G. S. F. Supriadi, Riandi, and B. Suprianto, “Inovasi Pembelajaran Metode Konvensional dikombinasikan dengan Metode PBL,” J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 3, 2021.
N. Hasanah and W. Wikanta, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplligung (Alat Peraga Lambung Dari Limbah Kulit Jagung) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Ma. Darussalam AL-Faisholiyah Sampang,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 6, no. 1, 2018.
Hamansah and M. Danial, “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Sirkulasi Darah Manusia Siswa Kelas 2 di MAN Binamu Jeneponto,” J. Uin ALauddin, 2013.
U. Yelianti, E. Enggereini, and R. Asra, “Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Biologi Bagi Guru-Guru SMP Negeri 22 Kota Jambi dan SMP Negeri 30 Muaro Jambi,” J. Karya Abdi Masy., vol. 3, no. 1, 2019.
H. Farhana, Awiria, and N. Muttaqien, Penelitian Tindakan Kelas. 2019.
M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. New York: Routledge, 2014.
Nurfadhillah and E. Utomo, “Hindari Virus,” in Buku Hypercontent, 2020.
Usmar, A. M. N. Fitri, D. Yuliana, and F. Nainu, “Review : Imunoterapi Penanganan Infeksi Virus,” J. Mandala Pharmacon Indones., vol. 7, no. 1, 2021.
R. Istifarini, S. H. Bintari, and N. K. T. Martuti, “Pembelajaran materi virus menggunakan media kartu bergambar di SMA Negeri 2 Wonosobo,” J. Biol. Educ., vol. 1, no. 2, 2012.
S. Aminah, H. Hambali, and Nurhidayanti, “Pengaruh model problem based learning berbasis online terhadap hasil belajar siswa pada konsep virus,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, 2021.
Sunaryo and D. Pratiwi, “Meningkatkan hasil belajar virus melalui pembelajaran kontekstual metode ceramah dan diskusi dengan taktik berkeliling menghampiri siswa pada siswa kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya,” J. Biol. dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, 2020.
R. D. Susanti, “Peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran berbasis proyek dalam pembuatan replika virus 3 dimensi pada materi virus di SMA Negeri 1 Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016,” Pancaran, vol. 5, no. 2, 2016.
E. Hermiyanti, “Biologimolekul Virus,” Universitas Padjajaran Bandung, 2020.
N. Purwati, J. Waluyo, and Suratno, “Pengembangan bahan ajar virus berbasis pendekatan pembelajaran konstektual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA,” Pancaran, vol. 4, no. 3, pp. 89–98, 2015.
Rusmalina and A. P. Putra, “Meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswaa pada konsep virus melalui model pembelajaran berdasarkan masalah,” in Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 2015.
Article Metrics
Abstract view : 134 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.