Pengaruh Modal Sosial Terhadap Peningkatan Kinerja Pada UMKM Rumah Makan di Kota Tentena Kabupaten Poso
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pbar.v1i2.10658
Abstract
Pentingnya modal sosial pada UMKM merupakan salah satu faktor non finansial dalam pengembangan UMKM yang lebih sustainablity. Premis yang diajukan dalam penggunaan modal sosial adalah semakin besar modal sosial yang dimiliki oleh UMKM maka tingkat keberhasilan sekaligus keberlangsungan usaha tersebut lebih besar dibandingkan dengan yang tidak memiliki atau modal sosialnya tidak besar. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat 1) bagaimana pengaruh modal sosial yang terdiri dari: dimensi kognitif, dimensi relational dan dimensi struktural secara parsial terhadap Kinerja UMKM kuliner kota Tentena Kabupaten Poso dan 2) bagaimana pengaruh modal sosial yang terdiri dari: dimensi kognitif, dimensi relational dan dimensi struktural secara simultan terhadap Kinerja UMKM kuliner kota Tentena Kabupaten Poso. Hasil penelitian menyatakan permasalahan utama yang dihadapi UKM adalah sumberdaya manusia. Hasil analisis Stastical Product and Service Solution (SPSS) menyatakan modal sosial memiliki pengaruh positif namun kurang signifikan terhadap kinerja UMKM.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 441 times | PDF view : 83 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Pinisi Business Administration Review