TIPOGRAFI DAN GENDER: STUDI PADA PRODUK PERAWATAN KULIT PRIA DAN WANITA SERTA PENGGUNAANNYA DALAM IKLAN DIGITAL DI MEDIA SOSIAL
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v9i1.73502
Abstract
Penelitian ini mengkaji representasi gender melalui tipografi dalam desain visual e-commerce di Indonesia. Di era digital, desain visual memegang peranan krusial dalam menarik perhatian konsumen, dan tipografi menjadi elemen penting dalam konstruksi makna. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan teori tipografi Theo van Leeuwen untuk mengidentifikasi bagaimana tipografi berkontribusi pada representasi maskulinitas dan feminitas. Studi kasus difokuskan pada analisis tipografi pada produk perawatan kulit pria dan wanita di platform e-commerce Indonesia, serta contoh penggunaan tipografi dalam iklan digital di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipografi yang kuat dan tegas seringkali diasosiasikan dengan maskulinitas, sementara tipografi yang lembut dan anggun diasosiasikan dengan feminitas. Namun, representasi gender dalam tipografi di e-commerce Indonesia menunjukkan variasi dan kompleksitas. Produk perawatan kulit pria dapat menggunakan tipografi yang lebih lembut untuk menyampaikan konsep "pria modern," sementara produk wanita juga dapat menggunakan tipografi tegas untuk menekankan kekuatan. Dalam iklan digital, tipografi menjadi bagian dari bahasa visual yang membangun narasi dan memengaruhi persepsi audiens terkait gender. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana tipografi memperkuat atau mendobrak stereotip gender dalam konteks komersial digital
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bias, Gender, And Indonesian Trait Representation. 2024. “Representasi Bias Gender Dan Ciri Indonesia ( Studi Kasus : Nyi Roro Kidul Dan Gatot Kaca ).” 9:135–50.
Eva, Neng. 2022. “Femininitas Dalam Desain Konten Instagram @Doa.Indonesia: Analisis Semiotika Iklan Judith Williamson.” Jurnal Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa 4(3):1–20. Doi: 10.52005/Dasarrupa.V4i3.133.
Eva, Neng, And Ratna Sari. 2022. “Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknik,Komputer Dan Desain Sukabumi Desember 2022.”
Nahumury, Amanda Putri. 2025. “Femvertising In Indonesia : Is It Really Empowering Women ? ( A Literature Studies ).” 12(2):556–64.
Syahrania, Khansa Maura, Ria Rahma Sukmawardani, And Pindy Subaldan. 2021. “Representasi Perempuan Jepang Sebagai Standar Dalam Iklan Shinzui Body Lotion Edisi Tahun 2015.” Jurnal Audiens 3(1):1–10. Doi: 10.18196/Jas.V3i1.11695.
Rihi, S. (2024). Analisis Semiotika Tipografi Pada Kemasan Kondom Durex Invisible: Visible Atau Invisible (?). Jurnal Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 6(1), 1-7.
Utomo, Samual Rihi Hadi, And Sekar Ayu Maharani. 2022. “Analisis Semiotika Tipografi Pada Logotype Produk Skincare Lokal Untuk Pria Indonesia: Menjadi Lebih Lakik(?).” Prosiding Snades 232–43.
Wahyudi, Raden Firdaus, Universitas Islam, And Ahmad Dahlan. 2025. “Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam Volume 7, No. 1, 2025.” 7(1):27–39.
Wulandari, Aisyah Indri, And Muh Ariffudin Islam. 2020. “Representasi Makna Visual Pada Poster Film Horor Perempuan Tanah Jahanam.” Jurnal Barik 1(1):69–81.
Article Metrics
Abstract view : 18 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.
Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
NJAD indexed by