Efektivitas Pembuatan Motif Batik Dalam Meningkatkan Pemahaman Struktur Tulang Daun Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Banawa

Faidhul Inayah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v8i2.68641

Abstract


Penelitian ini ingin melihat efektifitas pembelajran inovatif yang mengkolaborasikan antara seni dan sains untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dan pembelajaran sain melalui pendekatan seni, dalam hal ini peningkatan pemahaman siswa terhadap struktur tulang daun melalui pembuatan motif batik daun. Eksperimen ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 9 Banawa dengan melakukan kegiatan pembelajaran, observasi langsung serta wawancara terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman tentang struktur tulang daun dari kegiatan membatik setelah siswa mampu berkreasi dengan membuat motif, mengidentifikasi bahkan menjelaskan bagian-bagian daun yang telah digambarnya. Penelitain ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara dua jenis keilmuan yakni sains dan seni sebagai strategi efektif dalam peningkatan pemahaman siswa, sehingga membuka pandangan baru bagi guru untuk pengembangan metode pembelajaran untuk siswa sekolah dasar yang inovatif dan efektif dalam memberikan materi tentang konsep-konsep abstrak. 

Keywords


tulang daun, motif batik, inovasi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Peneliti.net dan ADPPI, 9(2), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001

Badriyah, Y. (2023). Pendekatan Berbasis Aktivitas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa. 6, 3, 1843–1853.

Ermis, S., Apriana, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yapis Dompu, 5(7), 2070–2080.

Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. UNiversitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 3(1), 26–41.

Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E - Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. UNESA, 07(02), 1–11.

Rahmawati, L., & Gumiandari, S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa TADRIS Bahasa Inggris Kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Universitas Nurul Jadid, 16(1), 54–61.

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. 19, 2, 121–138.

Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. STIT Palapa Nusantara, 2(1), 79–88.

Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, 2(2). file:///C:/Users/ASUS/Downloads/987-Article%20Text-1573-1-10-20191205.pdf


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by