ANALISIS KELAYAKAN KEGRAFIKAAN BUKU AJAR GRAFIKA UNTUK MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v8i2.66412
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan kegrafikaan pada buku ajar Grafika untuk mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan grafika (ukuran font keproporsionalan, variasi dan kemudahannya huruf, daya tarik warna dan penempatan tata letak) pada buku ajar. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan melalui tinjauan pustaka dan literatur yang relevan untuk kemudian di analisis deskriptif sehingga diperoleh standar grafika yang sesuai dalam mengembangkan buku ajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief Furchan. (2005). Berbagai Metodologi dalam Penelitian.pdf.
Indonesia, S. N., & Nasional, B. S. (2009). Kertas , karton dan pulp – Cara uji kadar abu pada 525 o C.
Ardiyanto, B., & Pratama, Y. (2020). Desain dan Produksi Buku Ajar: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Media Grafika.
Lestari, M. (2018). Komunikasi Visual dalam Pendidikan: Pendekatan Grafis dan Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nugroho, R. P., & Santoso, A. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran untuk Pendidikan Tinggi. Bandung: Pustaka Edukasi.
Setiawan, F. (2021). Kelayakan grafis dalam pengembangan buku ajar untuk desain komunikasi visual. Jurnal Desain dan Media, 14(2), 120-135.
Wibowo, D. (2017). Prinsip-prinsip Desain dalam Buku Ajar. Jurnal Pendidikan Desain, 10(3), 89-101.
Article Metrics
Abstract view : 34 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.
Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
NJAD indexed by