Analisis Semiotika pada Produk Kemasan Kopi Siap Minum Nescafe

Andry Priyadharmadi Purnama(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v8i1.65968

Abstract


Penelitian ini menganalisis semiotika pada kemasan produk kopi siap minum Nescafe varian Ice Black Lychee dan Biskoffee. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce untuk memahami makna yang terkandung dalam elemen visual kemasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua varian memiliki pola desain yang serupa, namun dibedakan dengan warna dominan untuk menunjukkan varian rasa yang berbeda. Elemen visual seperti bentuk, warna, dan tipografi menunjukkan kesamaan identitas merek Nescafe, yaitu modern, terjangkau, dan konsisten dalam mempertahankan kualitas bahan baku serta kesegaran varian rasa. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan pentingnya elemen visual dalam desain kemasan untuk menyampaikan pesan merek kepada konsumen.

This research analyzes the semiotics of Nescafe ready-to-drink coffee packaging, specifically the Ice Black Lychee and Biskoffee variants. The analysis uses Charles Sanders Peirce’s semiotic theory to understand the meaning embedded in the visual elements of the packaging. The analysis reveals that both variants share a similar design pattern, but are differentiated by their dominant color to indicate different flavor variations. Visual elements like shape, color, and typography demonstrate the consistency of the Nescafe brand identity, which is modern, affordable, and consistent in maintaining the quality of raw materials and the freshness of flavor variations. The findings support previous research that highlights the importance of visual elements in packaging design for conveying brand messages to consumers.


Keywords


Semiotics; visual elements; packaging

Full Text:

PDF

References


Albar, M. W. (2018). Analisis semiotik Charles Sander Pierce tentang taktik kehidupan manusia: Dua karya kontemporer Putu Sutawijaya. Lensa Budaya, 13(2), 123–136.https://journal.unhas.ac.id/index.php/jlb/article/ view/5447/2967

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 2(2), 92–103.

Databooks, (2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/10/nescafé-merek-kopi-dengan-pendapatan-terbesar-di-dunia-pada-2020#:~:text=Nescafé%20menempati%20urutan%20pertama%20merek,Nestlé"%20dan%20"café".

Ebdi, S. (2009). Karakter dan simbolisasi garis. https://binus. ac.id/malang/2020/01/karakter-dan-simbolisasi-garis/#:~:text=GarisLengkung&text=Garisinimemberikarakterringan,kemegahan%2Ckekuatan%2Cdan kedinamisan.

Erlyana, Y. (2022). Analisis semiotika ornamen pada kemasan produk lokal minuman herbavera. Demandia, 7(1), 45. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3939

Ernawati, E. (2019). Analisis tanda pada karya Desain komu-

nikasi visual. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(1), 27. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.381

Inzaghi, A. A. A., & Patria, A. S. (2021). Analisis elemen visual pada kemasan permen Kopiko “Cofee Candy.” Jurnal BARIK, 3(2), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/JDKV/article/view/42322

Julianti, S. (2014). The art of packaging. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, A. N., Johari, A., & Rukmayadi, Y. (2021). Analisis desain kemasan Cheetos Jagung Bakar. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(1), 1–8. https://ejournal.upi.edu/index.php/FINDER/ article/view/34053

Lakoro, R. 2007. Studi komunikasi visual pada kemasan makanan ringan. Pesan disampaikan dalam http://personal.its.ac.id/files/pub/2002-ramok

Mareta, P. R. (2018). Analisa makna desain kemasan pada produk teh di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 9(1), 72–78. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Margono, S. (2018). Upaya meningkatkan daya tarik produk makanan dan minuman oleh-oleh di tempat destinasi wisata melalui kajian tanda pada desain kemasan. Widyakala Journal, 5(1), 66.

https://doi.org/10.36262/widyakala.v5i1.102

Medium.com (2023) https://medium.com/@myskill.id/design-elements-a333f77aff1d

Nescafe.com (2024) https://www.nescafe.com/id/kopi-kita

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan UMKM. Jurnal Seni Imajinasi, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/ nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Pujiati, T. (2015). Analisis semiotika struktural pada iklan Top Coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(4), 9–10. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/386

Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Pengantar tinjauan desain. Pesan disampaikan dalam

https://www.researchgate.net/publication/306012610_PENGANTAR_TINJAUAN_DESAIN

Sidhartani, S. (2010). Elemen visual dan prinsip desain sebagai bahasa visual untuk menyampaikan rasa. Deiksis, 2(02), 82–95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/ Deiksis/article/view/396/699

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.

Wijaya, L., & Rizka, L. A. (2021). Studi brand positioning toko kopi kekinian di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 78-85. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/ index.php/OJS/article/download/177/127/

Wijayanti, I. G. A. N. (2019). Analisis semiotika logo PT. Wijaya Tribwana International. SENADA (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur), 2, 266–271. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/107

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh psikologi kombinasi warna dalam website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komu-nikasi Visual & Multimedia, 1(01), 45–54.

https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.956


Article Metrics

Abstract view : 376 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by