Analisis Formalistik pada Poster Film Mencuri Raden Saleh

Arba’aini Adila Mahardik(1*), Satriadi Satriadi(2), Nurjayanti Nurjayanti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i1.47100

Abstract


Film Mencuri Raden Saleh merupakan salah satu film heist atau perampokan yang memiliki premis cerita yang cukup berat namun dikemas cukup baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini dalam mendeskripsikan poster film Mencuri Raden Saleh menggunakan analisis formalistik dengan unsur-unsur desain (tipografi, warna, dan ilustrasi) dan prinsip layout (sequence, emphasis, balance, dan unity) maka dapat diketahui bahwa dalam poster film Mencuri Raden Saleh menggunakan jenis huruf dekoratif, warna gradasi coklat dan merah dengan suasana yang tegang dan mencekam, ilustrasi menggunakan teknik gambar fotografi yang dipadukan dengan manipulasi foto. Kemudian dari segi layout, letak emphasisnya dapat dilihat dari sebelah kiri ke arah kanan, dan dari depan ke belakang mudah untuk terbaca, sequence atau urutan dalam poster ini terdapat dua bentuk yaitu bentuk U dan M, balance pada poster ini termasuk ke dalam symmetrical balance, dan kesatuan warna gradasi coklat dan merah menghidupkan suasana mencekam dan tegang pada poster tersebut

Keywords


analisis formalistik; poster; film;

Full Text:

PDF

References


Aditia, P., & Yudhistira, N. (2023). Analisis Analisis Unsur Sinematografi Dalam Membangun Realitas Cerita Pada Film Mencuri Raden Saleh. JURNAL ILMIAH ILMU KOMUNIKASI COMMUNIQUE, Vol. 5(No. 2), 196-204.

Bahasa, B. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Indonesia: Kemenetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Barnet, S. (1997). “A Short Guide to Writing about Art, 5th ed.”. “Visual Analysis Tips.” Art History Paper Writing: Skidmore College. New York: Longman.

Cenadi, C. S. (1999). ELEMEN-ELEMEN DALAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. NIRMANA, Vol.1(No. 1), 1-11.

Phaidon. (1994). The Art Book. London: Phaidon Press Limited.

Putri, A. F., & Patria, A. S. (2020). ANALISIS FORMALISTIK PADAPOSTER FILM SI DOEL. Jurnal Barik, Vol. 1(No. 1), 183-193.

Ramadhanti, D. P., & Kusumandyoko, T. C. (2022). ANALISIS FORMALISTIK PADA POSTER FILM BUMI MANUSIA. Jurnal Barik, Vol. 3(No.2), 57-65.

Rustan, S. (2008). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Rustan, S. (2009). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2020). Layout Dasar 2020: Mengenal Layout Cetak, UI/UX, Website & Apps. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Shalekhah, A. N., & Martadi. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHESPADA POSTER FILM PARASITEVERSI NEGARA INGGRIS. Jurnal Barik, Vol. 2( No. 1), 54-66.

Sosroyudho, A. A. (2010). Tinjauan Desain Grafis: Dari Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini. Jakarta: PT. Concept Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumartono, & Astuti, H. (2018). PENGGUNAAN POSTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KESEHATAN. Komunikologi, Vol. 15(No. 1), 8-14.

https://www.instagram.com/p/ClRIs5eS5Tc/ Diakses pada 28 Mei 2023

https://www.instagram.com/p/CjxodBdv8ad/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ== Diakses pada 28 Mei 2023

https://www.imdb.com/title/tt13484872/ Diakses pada 24 Mei 2023

http://lamm-kirch.com/wordpress/wp-content/uploads/2013/08/Lamm-Kirch__0003_Viva-Mexico-1200x814.jpg Diakses pada 28 Mei 2023

https://www.sturdysign.com.sg/wp-content/uploads/2019/06/fonts-image-1-.png Diakses pada 28 Mei 2023


Article Metrics

Abstract view : 1559 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by