Kajian Buku Teks Modul Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Seni Budaya Untuk SMP/MTs Kelas 9 Terbitan Tim Penyusun Modul Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Tahun 2017

Kaparuddin Kaparuddin(1), Irfan Irfan(2*),

(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa
(2) Univesitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i1.46816

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikaan buku teks Modul Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Seni Budaya Untuk SMP/MTs Kelas 9 Terbitan Tim Penyusun Modul Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif evaluatif. Kajian ini melakukan telaah terhadap Modul Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Seni Budaya SMP/MTs Kelas 9 dilakukan dengan metode yang telah ditetapkan oleh BSNP tentang kelayakan buku teks. Hasil kajian menunjukkan bahwa kelayakan isi berupa materi dalam buku teks masih banyak yang inkonsistensi pada kompetensi dasar yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang seharusnya menjadi pedoman buku teks yang digunakan di sekolah. Belum terstandarisasi secara nasional karena belum memiliki ISBN, walupun pada prinsipnya masih untuk konsumsi lokal. Kelayakan penyajian berupa kelengkapan sajian, penyajian informasi dan penyajian pembelajaran masih kurang lengkap dan kurang sesuai. Kurang lengkapnya ilustrasi, struktur penyajian, latihan dan evaluasi. Pada modul tersebut tidak dilengkapi dengan daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, pendahuluan. Kelayakan bahasa berupa struktur kalimat dan penyajian komunikatif masih kurang sesuai. Adanya kata atau istilah yang kurang dipahami peserta didik sehingga materi pada Modul Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) Seni Budaya SMP/MTs Kelas 9 masih banyak yang belum dipahami secara baik. Kelayakan kegrafikaan berupa ukuran buku teks sudah sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO). Desain sampul buku, ilustrasi, tipografi, desain isi buku dan unsur tata letak masih kurang tertata dengan baik. Ukuran gambar atau ilustrasi pada sampul buku menampilkan terlalu banyak obyek dengan ukuran yang terlalu besar sehingga focal point pada desain sampul modul tersebut menjadi tersamarkan. Terdapat beragam ukuran font dalam penyajian naskah yang dapat mempengaruhi tampilan.

 


Keywords


kajian; buku teks; sktb; seni budaya

Full Text:

PDF

References


Aninda, 2008, Pendidikan Seni budaya untuk SMP Kelas IX, Erlangga, Jakarta

https://www.wawasan-edukasi.web.id/definisi-fungsi-dan-tujuan-penulisan/

Irfan, I., Jalil, J., & Satriadi, S. (2019). Kreativitas Visual Pada Desain Poster Iklan Komersial Karya Mahasiswa. Jurnal Pakarena, 4(1), 28-35.

Irfan, I., Muhdy, A. A., & Hamrin, H. Penerapan Identitas Lokal pada Mebel Kayu melalui Pelatihan dan Pendampingan. Jurnal Imajinasi, 3(2), 67-74.

Kementrian pendidikan dan Kebudayaan (2013) Seni Budaya. Politeknik Negeri Negeri media Kreatif, Jakarta.

Kementrian pendidikan Nasional (2010). Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Teater untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, dan IX. Pusat Perbukuan. Jakarta.

Miles, M.B. dan Huberman, (1992), Analisis Data Kualitatif, Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: (UI-PRESS).

Santoso, E., dkk (2008). Seni teater Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Suryani Sitti, 2014. Materi Ajar Seni Budaya Seni Rupa kelas IX. Gowa Kec. Pattallassang. SMPN 3 Pattallassang

Tim Abdi Guru. 2007. Seni Budaya Untuk SMP Kelas IX. Jakarta. Penerbit. Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: [email protected]

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by