Kelayakan Isi Buku Teks “Asyiknya Belajar Kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi)” Ditinjau Dari Standar Kelayakan Bahasa Sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan

Muhammad Syafruddin Akmal(1*), Irfan Irfan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i1.46265

Abstract


Asyiknya Belajar kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi) dalam buku terbitan AFKARI publishing memuat materi dan bahan ajar mengenai sejarah singkat kaligrafi, perspektif dan kaidah dalam membuat kaligrafi, biografi tokoh dalam kaligrafi, bahkan memuat evaluasi sebagai bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di Sekolah. Pada kesempatan kali ini kita akan membuat penelitian kajian buku teks yang dimaksud, untuk mendeskripsikan kelayakan isi buku teks Asyiknya Belajar Kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan buku teks Asyiknya Belajar Kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi) sebagai objek kajian penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji muatan standar kelayakan bahasa dalam buku teks Asyiknya Belajar Kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi) yang sesuai dengan aspek penilaian yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan bahasa dalam buku teks Asyiknya Belajar Kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi) telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh BSNP. Dalam buku bacaan tersebut berisi materi yang lugas, komunikatif, dialogis dan interaktif, ada kesesuaian dengan pembaca (seseorang yang ingin belajar), kesesuaian dengan bahasa Indonesia, serta penggunaan istilah, simbo dan ikon pelajaran seni budaya terkhusus seni rupa. Serta buku bacaan tersebut ditulis mengikuti kaidah Bahasa Indonesia dan peristilahan yang benar dan jelas.


Keywords


Kelayakan Isi; Buku Teks; Kaligrafi

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud.2004. Petunjuk Kualitas Buku. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Alwi, Hasan, et al., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media.

Miles, M.B. dan Huberman. Analisis Data Kualitatif, (Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi), Jakarta: (UIPRESS), 1992.

Nur Huda Hafidz, Muharsafa Sam. Asyiknya Belajar Kaligrafi (Cara Praktis Belajar Kaligrafi). Aceh: Afkari Publishing, 2010

Sutopo, H.B., Metodoloi Penelitian Kualitatif; Dasar Teori dan

Terapannya dalam Penelitian, Surakarta, Sebelas Maret University Press, 2002.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by