Teater Sekolah: Media Pendidikan Seni dalam Membentuk Akhlak Pelajar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v6i1.32395
Abstract
Salah satu media pendidikan yang menekankan pada pembentukan sikap ataupun akhlak pelajar adalah pendidikan seni, yaitu teater sekolah. Berdasarkan uraian tersebut di atas dilakukanlah kajian tentang teater sekolah sebagai salah satu media pendidikan seni dalam membentuk akhlak pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerja teater sekolah, menjelaskan teater sekolah sebagai media pendidikan seni dan mendeskripsikan teater sekolah dalam membentuk akhlak pelajar. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan studi pustaka, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil yang didapatkan, yaitu bentuk kerja teater sekolah meliputi pemilihan naskah dan analisis naskah, casting pemain, proses latihan, gladi kotor dan gladi resik sebelum pertunjukan dilaksanakan. Pendidikan seni memiliki potensi dan posisi untuk membina inteligensi dan imajinasi peserta didik, dan teater sekolah dapat berfungsi sebagai media dalam membentuk akhlak seseorang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allolayuk, A. (2021). Menyingkap Sisi Gelap Pendidikan sebagai Arena Reproduksi Kesenjangan Sosial Berdasarkan Perspektif Pierre Bourdieu. Syntax Idea, 3(8). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1407
Amelia, D. I., Dewi, S. D., Hayati, S. A. N., & Huda, M. K. (2021). Peran Pendidikan Seni Dalam Melestarikan Kekayaan Budaya Di Era 5.0 Pada SDN Margadadi IV. Prosiding dan Web Seminar Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar menuju Era Human Society 5.0, 3. https://ojs3.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2281
Amir Mohd Zahari, M., Yaakub, R., Azizi Amirul, A., & Sarudin, A. (2020). Kewajaran Penggunaan Produksi Teater dalam Pembelajaran Genre Drama Melalui Mata Pelajaran Kesusasteraan Melayu Komunikatif. Gendang Alam, Jilid 10, 2020 drama. https://jurcon.ums.edu.my/ojums/index.php/GA/article/view/2250
Apriliyani, R. G., Juniastuti, E., & Marliati, N. (2019). Tata Rias Karakter: Anala. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 14(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/33690
Apriyanti, S. N., & Hidayat, S. (2019). Pendidikan Karakter; Penumbuhan Kreativitas siswa melalui Program Ekstrakurikuler Teater di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 229–235. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12751
Bintarto, W. B. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Karakter Untuk Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.32773
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/
Darti, D., Yudi, Y., & Lutfillah, N. Q. (2019). Mengintai akuntansi dari balik topeng malang. IMANENSI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam, 2(2). https://doi.org/10.34202/imanensi.2.2.2017.7-17
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.32533/03105.2019
Drozdov, N. A. (2020). Organization of cooperation between the theater and schools (historical aspect). Vestnik of Samara University. History, pedagogics, philology, 26(4). https://doi.org/10.18287/2542-0445-2020-26-4-64-67
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
González-Zamar, M. D., & Abad-Segura, E. (2021). Emotional creativity in art education: An exploratory analysis and research trends. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(12). https://doi.org/10.3390/ijerph18126209
Hafifi, H. (2020). COPY PASTE VIDEO TEATER SAE DALAM KERJA POLITICAL DRAMATURGY DAN REENACTMENT DALAM KERJA SUTRADARA. IKONIK : Jurnal Seni dan Desain, 2(2). https://doi.org/10.51804/ijsd.v2i2.741
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134
Makmur, T. (2019). Revolusi sumber-sumber informasi di internet dan hubungannya dengan masyarakat informasi. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, informasi dan kearsipan, 1(1), 46–55. https://doi.org/10.24952/ktb.v1i1.1593
Novianto, W. (2020). PETA TEORITIK PENGKAJIAN TEATER: DARI TEORI STRUKTURALIS SAMPAI POSTRUKTURALIS. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 11(2). https://doi.org/10.33153/acy.v11i2.2755
Nurhadi, A., Hillan, A., & Nurd, A. A. (2020). Analisis Unsur Semiotika dalam Naskah Drama RT Nol RW Nol Karya Iwan Simatupang (Analysis of Elements of Semiotics on Iwan Simatupang’s Drama Entitled “RT Nol RW Nol”). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 9(1), 90. https://doi.org/10.26714/lensa.9.1.2019.90-104
Jeumpa, N. (2021). Macam-macam strategi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Al Fathanah, 1(1). https://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/fathanah/article/view/1038
Qosim, N. (2020). Aplikatif Manajemen Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Santri. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/339
Rahman, M. Z., Rohmah, M., & Rochayati, N. (2020). STUDI PENYIMPANGAN SOSIAL PADA REMAJA DI DUSUN TOLOT-TOLOT DESA GAPURA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. SOCIETY, 11(1). https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2299
Ramlin, R., Sakaria, S., & Mengge, B. (2021). Perilaku Sosial Pengguna Narkotika Dikalangan Remaja Desa Payi,Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1794
Sam, F. S. (2019). Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Remaja Mengonsumsi Minuman Beralkohol (Studi Kasus Di Muso Salim Kelurahan Karang Mumus Kecamatan Samarinda Kota). eJournal Sosiatri-Sosiologi, 7(4). https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=9186
Sardiyanah, S. (2020). DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.237
Sumantri, S. (2019). Peranan Manajemen Seni Teater dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Mulia. Studia Manageria, 1(1). https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v1i1.4147
Wahyudi, Titis Rukmanawati, A., & Andri Aka, K. (2021). Cipta Karya Seni Pertunjukan Teater Anak Berbasis Kebudayaan Panji (Best Practice Penciptaan Karya Seni Pertunjukan pada Masa Pandemi Covid-19). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15438
Article Metrics
Abstract view : 398 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.
Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
NJAD indexed by