Teater Sekolah: Media Pendidikan Seni dalam Membentuk Akhlak Pelajar

Prusdianto Prusdianto(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v6i1.32395

Abstract


Salah satu media pendidikan yang menekankan pada pembentukan sikap ataupun akhlak pelajar adalah pendidikan seni, yaitu teater sekolah. Berdasarkan uraian tersebut di atas dilakukanlah kajian tentang teater sekolah sebagai salah satu media pendidikan seni dalam membentuk akhlak pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerja teater sekolah, menjelaskan teater sekolah sebagai media pendidikan seni dan mendeskripsikan teater sekolah dalam membentuk akhlak pelajar. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan studi pustaka, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil yang didapatkan, yaitu bentuk kerja teater sekolah meliputi pemilihan naskah dan analisis naskah, casting pemain, proses latihan, gladi kotor dan gladi resik sebelum pertunjukan dilaksanakan. Pendidikan seni memiliki potensi dan posisi untuk membina inteligensi dan imajinasi peserta didik, dan teater sekolah dapat berfungsi sebagai media dalam membentuk akhlak seseorang.


Keywords


teater sekolah; pendidikan seni; akhlak;pelajar

Full Text:

PDF

References


Allolayuk, A. (2021). Menyingkap Sisi Gelap Pendidikan sebagai Arena Reproduksi Kesenjangan Sosial Berdasarkan Perspektif Pierre Bourdieu. Syntax Idea, 3(8). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1407

Amelia, D. I., Dewi, S. D., Hayati, S. A. N., & Huda, M. K. (2021). Peran Pendidikan Seni Dalam Melestarikan Kekayaan Budaya Di Era 5.0 Pada SDN Margadadi IV. Prosiding dan Web Seminar Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar menuju Era Human Society 5.0, 3. https://ojs3.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2281

Amir Mohd Zahari, M., Yaakub, R., Azizi Amirul, A., & Sarudin, A. (2020). Kewajaran Penggunaan Produksi Teater dalam Pembelajaran Genre Drama Melalui Mata Pelajaran Kesusasteraan Melayu Komunikatif. Gendang Alam, Jilid 10, 2020 drama. https://jurcon.ums.edu.my/ojums/index.php/GA/article/view/2250

Apriliyani, R. G., Juniastuti, E., & Marliati, N. (2019). Tata Rias Karakter: Anala. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 14(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/33690

Apriyanti, S. N., & Hidayat, S. (2019). Pendidikan Karakter; Penumbuhan Kreativitas siswa melalui Program Ekstrakurikuler Teater di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 229–235. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12751

Bintarto, W. B. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Karakter Untuk Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.32773

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/

Darti, D., Yudi, Y., & Lutfillah, N. Q. (2019). Mengintai akuntansi dari balik topeng malang. IMANENSI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam, 2(2). https://doi.org/10.34202/imanensi.2.2.2017.7-17

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.32533/03105.2019

Drozdov, N. A. (2020). Organization of cooperation between the theater and schools (historical aspect). Vestnik of Samara University. History, pedagogics, philology, 26(4). https://doi.org/10.18287/2542-0445-2020-26-4-64-67

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

González-Zamar, M. D., & Abad-Segura, E. (2021). Emotional creativity in art education: An exploratory analysis and research trends. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(12). https://doi.org/10.3390/ijerph18126209

Hafifi, H. (2020). COPY PASTE VIDEO TEATER SAE DALAM KERJA POLITICAL DRAMATURGY DAN REENACTMENT DALAM KERJA SUTRADARA. IKONIK : Jurnal Seni dan Desain, 2(2). https://doi.org/10.51804/ijsd.v2i2.741

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134

Makmur, T. (2019). Revolusi sumber-sumber informasi di internet dan hubungannya dengan masyarakat informasi. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, informasi dan kearsipan, 1(1), 46–55. https://doi.org/10.24952/ktb.v1i1.1593

Novianto, W. (2020). PETA TEORITIK PENGKAJIAN TEATER: DARI TEORI STRUKTURALIS SAMPAI POSTRUKTURALIS. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 11(2). https://doi.org/10.33153/acy.v11i2.2755

Nurhadi, A., Hillan, A., & Nurd, A. A. (2020). Analisis Unsur Semiotika dalam Naskah Drama RT Nol RW Nol Karya Iwan Simatupang (Analysis of Elements of Semiotics on Iwan Simatupang’s Drama Entitled “RT Nol RW Nol”). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 9(1), 90. https://doi.org/10.26714/lensa.9.1.2019.90-104

Jeumpa, N. (2021). Macam-macam strategi pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Al Fathanah, 1(1). https://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/fathanah/article/view/1038

Qosim, N. (2020). Aplikatif Manajemen Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Santri. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/339

Rahman, M. Z., Rohmah, M., & Rochayati, N. (2020). STUDI PENYIMPANGAN SOSIAL PADA REMAJA DI DUSUN TOLOT-TOLOT DESA GAPURA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. SOCIETY, 11(1). https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2299

Ramlin, R., Sakaria, S., & Mengge, B. (2021). Perilaku Sosial Pengguna Narkotika Dikalangan Remaja Desa Payi,Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1794

Sam, F. S. (2019). Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Remaja Mengonsumsi Minuman Beralkohol (Studi Kasus Di Muso Salim Kelurahan Karang Mumus Kecamatan Samarinda Kota). eJournal Sosiatri-Sosiologi, 7(4). https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=9186

Sardiyanah, S. (2020). DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.237

Sumantri, S. (2019). Peranan Manajemen Seni Teater dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Mulia. Studia Manageria, 1(1). https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v1i1.4147

Wahyudi, Titis Rukmanawati, A., & Andri Aka, K. (2021). Cipta Karya Seni Pertunjukan Teater Anak Berbasis Kebudayaan Panji (Best Practice Penciptaan Karya Seni Pertunjukan pada Masa Pandemi Covid-19). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15438


Article Metrics

Abstract view : 423 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by