Henna: Jenis dan Nilainya dalam Pernikahan Bugis di Bone

Nurfadilah S(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v6i1.32393

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Henna  yang digunakan pada pernikahan Bugis di Kabupaten Bone dan nilai-nilai yang terkandung dalam penggunaan Henna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik studi survei. motif Henna yang digunakan pada pernikahan etnik bugis di kabupaten Bone meliputi motif kubah, mandala, sulur, teratai, lotus,  peonhy, rose, daishy, heart dan padi. dengan jenis  Henna  natural, Henna instan,  Henna white  dan juga  Henna gold. nilai-nilai yang terkandung dalam penggunaan Henna  yaitu nilai simbolik motif kubah yang berarti  permata kerajaan, mandala berarti pengabdian kepada ilahi, sulur berarti doa bagi pengantin lotus berarti kemurnian pikiran,  peony berarti  kehidupan bahagia,  rose berarti kemurnian sebuah  cinta,  daisy berarti 2 perasaan yang tulus,  heart berarti perasaan cinta, padi berarti tidak sombong terhadap kemampuannya.. Implikasi penelitian ini yaitu menjadi pembanding terhadap penggunaan dan makna Henna di tempat daerah lain.


Keywords


Henna; marriage; pernikahan; bugis

Full Text:

PDF

References


Efrianova, V., Rosalina, L. and Astuti, M., 2022. Pengembangan Usaha Jasa Pelaminan Dan Rias Pengantin Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Dan Daya Saing Di Kelurahan Tanjung Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Jurnal Tata Rias dan Kecantikan, 1(2), pp.9-21.

Hartini, Dwi, Nuzula Ilhami, and Taufiqurohman Taufiqurohman. 2022. “Membincang Akulturasi Pernikahan: Makna Tradisi Mapacci Pada Pernikahan Adat Suku Bugis Makasar”. Tasyri’ : Journal of Islamic Law 1 (1):1-24. https://doi.org/10.53038/tsyr.v1i1.1.

Hasma, A. 2018. Study Pada Komunitas Makassar Artist. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Malam, M., ML Rahman., & MZ Haque. (2007). Ekstraksi Pewarna Daun Henna & Efek Pencelupannya pada Serat Tekstil. Journal Bangladesh J.Sci. Ind. Re, 42 (2), 218.

Novianti SP., Rosmala D., Fitriana. (2017). Proses Upacara Berinai pada Pengantin di Desa Teubag PHUI Baru Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 2 (4) 43.

Salam, Sofyan., dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 307 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by