Kajian Kelayakan Isi Materi Pameran Karya Seni Rupa Pada Buku Seni Budaya SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

Siti Asmaulul Izmi(1*), Irfan Irfan(2), Sofyan Salam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makasaar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v5i2.23180

Abstract


Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang penting untuk diajarkan pada peserta didik, karena Pendidikan Seni Budaya memiliki fungsi untuk mengembangakan kemampuan peserta didik dalam menemukan pemenuhan dirinya (personal fulfillment) agar dapat menjadi pribadi yang utuh. Pendidikan Seni Budaya juga menjadi upaya dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya di Indonesia. Salah satu penunjang pendidikan Seni Budaya ialah adanya buku teks yang memadai. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji komponen kelayakan isi Buku Seni Budaya untuk Siswa SMA/MA/SMK Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2016. Khususnya materi Pameran Karya Seni Rupa pada Bab 9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen terkait kelayakan isi berdasarkan teori-teori yang relevan. Analisis dilakukan berdasarkan instrumen penilaian buku teks untuk kelayakan isi. Hal ini sejalan dengan ketetapan BSNP 2006 yang meliputi: cakupan materi, akurasi materi, kemutakhiran, mengandung wawasan kewirausahaan, merangsang keingintahuan, mengandung kecakapan hidup, wawasan kebhinekaan, dan wawasan kontekstual. Teknik analisis data menggunakan analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.


Keywords


buku teks, kelayakan, seni budaya, pameran, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Hartanto, R.E. 2015. Tips Menjual Karya Seniuntuk Perupa Pemula (Online). (https://rehartanto.art/2015/07/19/tips-menjual-karya-seni-untuk-perupa-pemula/) Diaksespada 30 Mei 2019.

Herlinah. 2017. Kelayakan Buku Teks Seni Budaya (Seni Rupa) untuk SMP Kelas VII Terbitan Tiga Serangkain Tahun 2015, Penulis: Kusnadi. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Irfan, I., Dharsono, D., Gustami, S. G. S., & Guntur, G. (2019). Keramik Takalar 1981-2010: Ragam Bentuk dan Perubahan. Panggung, 29(1).

Instruksi Presiden No. 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan(Inpres No. 4 Tahun 1995). Disahkan di Jakarta, 30 Juni 1995.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2016. Buku Siswa Seni Budaya SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 2 Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan (Permendikbud RI No. 8 Tahun 2016). Disahkan di Jakarta, 29 Februari 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007). Disahkan di Jakarta, 23 Novenber 2007.

Sabrina, Ghina. 2018. Mengenal Sosok di Balik Gagasan Pameran: Kurator (Online), (https://www.whiteboardjournal.com/ideas/mengenal_sosok_di_balik_gagasan_pameran_kurator/), Diaksespada 31 Mei 2019.

Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Disahkan di Jakarta, 8 juli 2003.

Viniasari, Helda. Tanpatahun. Makalah Konsep Dasar Kewirausahaan (Online), (https://www.academia.edu/34787455/makalah_konsep_dasar_kewirausahaan/), Diaksespada 24 Mei 2019.


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by