Perancangan Modul Cetak Tinggi Cukil Kayu untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa

Hasnawati J(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v5i1.20188

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran seni cetak cukil kayu (woodcut) melalui modul yang valid untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengembangkan materi pembelajaran seni cetak cukil kayu yang valid dan layak digunakan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan medel 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan pembatasan yang terdiri dari tiga tahap pengembangan, yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define), (2) Tahap perancangan (design), dan (3) Tahap pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk validator ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh melalui angket selanjutnya dianalisis menggunakan statis deskriptif, sedangkan data hasil wawancara dianalisis kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan meliputi materi seni cetak terkhusus kepada seni cetak cukil kayu (woodcut), meliputi pengetahuan tentang alat dan bahan yang digunakan serta proses berkarya seni cetak cukil kayu hingga mendapatkan sebuah karya seni. Selanjutnya dilakukan uji validasi modul oleh ahli materi dan ahli media untuk memenuhi unsur kevalidan materi dan kegrafikaan, berdasarkan hasil penilaian untuk materi yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 95,39 (kategori sangat baik), berdasarkan hasil penilaian media memperoleh skor 97.04 (kategori sangat baik). Dengan demikian, modul yang dikembangkan layak untuk diigunakan dalam kegiatan pembelajaran seni cetak cukil kayu (woosdcut) di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.


Keywords


Module; Learning; Art Print; Wood cut.

Full Text:

PDF

References


Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

S., Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2006. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Banda Aceh: Rineka Cipta.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Tim Fakultas Ilmu Pendidikan. 2009. Pedoman Penilaian Kinerja Dosen. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia UPI.

_____2017. Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Seni Rupa S1 Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Makassar.

_____2018. Panduan Universitas Negeri Makassar 2018/2019. Makassar: Badan Penerbit UNM.

_____Aspek Penilaian. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

http://rosyid.info/prinsip-dan-prosedur-penulisan-modul/ (diakses 19 September 2019. Pukul 19.30)

http://www.silabus.web.id/penegertian-modul-pembelajatan/ (diakses 18 September 2019. Pukul 20:05)


Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by