Efektivitas Augmented Reality Geography Games (ARGG) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Muhammad Ansarullah S Tabbu(1*), Muhammad Aliman(2), Abdul Mannan(3), Muhamad Ihsan Azhim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Malang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(4) UPT SMAN 13 Gowa, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.53175

Abstract


Developing the necessary spatial thinking skills for students at the secondary school level remains a challenge. Augmented Reality Geography Games (ARGG) media technology is expected to be an engaging learning method for students, allowing them to interact directly with geographic concepts and gain a deeper understanding of location and space. The study aims to examine the effectiveness of using Augmented Reality Geography Games in improving students' spatial thinking skills. The research design used is a quasi-experimental design. The subjects in this study were students of SMA Negeri 13 Gowa class XI IPS. Data collection was done by using spatial thinking ability tests before and after intervention. The data collected were analyzed through the n-gain test and using statistical methods, namely the independent samples t-test. The results showed that the experimental group using Augmented Reality Geography Games had a higher gain value (0.71) compared to the control group (0.62). These results indicate that the use of Augmented Reality Geography Games has a positive impact on improving students' spatial thinking skills. Furthermore, the results of the independent t-test analysis showed that there was a significant difference between the experimental group and the control group in their post-test results. The result of this t-test means that the Augmented Reality Geography Games has a positive impact on students' spatial thinking ability. 


Abstrak

Mengembangkan keterampilan berpikir spasial yang diperlukan bagi siswa di tingkat sekolah menengah masih menjadi tantangan. Teknologi media Augmented Reality Geography Games (ARGG) diharapkan menjadi metode pembelajaran yang menarik bagi siswa, memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara langsung dengan konsep geografis dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang lokasi dan ruang. Penelitian bertujuan untuk menguji efektifitas penggunaan Augmented Reality Geography Games dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain quasi eksperimental. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri 13 Gowa kelas XI IPS. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir spasial sebelum dan setelah intervensi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui uji n-gain dan menggunakan metode statistik yakni uji t independent (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan Augmented Reality Geography Games memiliki nilai gain yang lebih tinggi (0.71) dibandingkan dengan kelompok kontrol (0.62). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan Augmented Reality Geography Games memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Selanjutnya, hasil analisis uji t independent menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada hasil post-test mereka. Hasil uji t ini berarti bahwa media pembelajaran Augmented Reality Geography Games memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa.



Keywords


augmented reality geography games (ARGG); spatial thingking ability, learning geography

Full Text:

PDF

References


Ahyuni. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berpikir Spasial bagi Calon Guru Geografi. Prosiding Seminar Nasional Geografi: Kecerdasan Spasial Dalam Pembelajaran Dan Perencanaan Pembangunan, 163–175.

Aliman, M., Halek, D. H., Lukman, S., Marni, S., & Alnursa, D. S. (2022). Apakah Model Earthcomm Dan Gaya Belajar Dapat Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Sma? Jambura Geo Education Journal. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16348

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. Ilkom Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232

Cai, S., Liu, C., Wang, T., Liu, E., & Liang, J. C. (2021). Effects of learning physics using Augmented Reality on students’ self-efficacy and conceptions of learning. British Journal of Educational Technology, 52(1), 235–251. https://doi.org/10.1111/bjet.13020

Council, N. R. (2006). National Sciene Education Standards. National Academy Press.

Dewi, K., & Sahrina, A. (2021). Urgensi augmented reality sebagai media inovasi pembelajaran dalam melestarikan kebudayaan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu …. http://journal3.um.ac.id/index.php/fis/article/view/1054

Huynh, N. T., & Sharpe, B. (2013). An Assessment Instrument to Measure Geospatial Thinking Expertise. Journal of Geography, 112(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/00221341.2012.682227

Lauren, T., Rodier, N., Oriola, B., Hachet, M., & Jouffrais, C. (2021). Inclusive Adaptation of Existing Board Games for Gamers with and without Visual Impairments using a Spatial Augmented Reality Framework for Touch Detection and Audio Feedback. 5(505), 1–33. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3488550

Mustamin, K. (2017). Makna Simbolis dalam Tradisi Maccera’ Tappareng di Danau Tempe Kabupaten Wajo. Al-Ulum, 16(1), 246. https://doi.org/10.30603/au.v16i1.28

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & ... (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/40031

Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/227

Santoso, A., Mujib, M. A., & Astutik, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. In … Ilmu dan Pendidikan Geografi. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/gg3on6nonvawbni262qnyg27pq/access/wayback/http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/gdk/article/download/5998/pdf

Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Iptek. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27

Sdravopoulou, K., González, J. M. M., & Hidalgo-Ariza, M. D. (2021). Assessment of a location-based mobile augmented-reality game by adult users with the arcs model. Applied Sciences (Switzerland), 11(14). https://doi.org/10.3390/app11146448

Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 91–98.

Tabbu, M. A. S., Anwar, A. M., & Unga, K. (2023). Pengembangan Metode Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa New Normal. … Technology and Education …, 01, 37–46. https://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/view/43%0Ahttps://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/article/download/43/26

Tabbu, M. A. S., Mukhtar, N. A., & Makassar, U. N. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Blended Learning Berbasis LMS Moodle. 01, 78–86.

Tabbu, M. A. S., Ridhaihi, N. Q., Labennu, T., Az Zahrah, A., Azzahra, A. S. P., & Dian Ayu Lestari. (2023). Keterlibatan Aktif Mahasiswa Dalam Model Flipped Classroom Universitas Negeri Makassar Jurusan Teknik Informatika & Komputer. Jurnal Pendidikan Terapan, 01, 22–29. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i2.82


Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ansarullah S. Tabbu, Muhammad Aliman, Abdul Mannan, Muhamad Ihsan Azhim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter