Prototipe Materi Pembelajaran Kontekstual Geografi Melalui Konten Wisata

Hendra Hendra(1*),

(1) Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.53171

Abstract


Contextual learning in geography material continues to be developed. However, there are still problems regarding the suitability of irrelevant material. The materials currently available for learning material needs still have shortcomings. This research discusses contextual learning materials through Cibutu Park tourism content. The method used is development, with stages of needs analysis and product design for contextual geography learning materials. Learning material was obtained through direct data collection from primary sources, then subjected to descriptive analysis. Research findings reveal that the need for contextual learning materials consists of the Cibutu tourism concept and the Cibutu park tourism component. This research will place emphasis on geographical contextual learning as a relevant learning resource in geography learning.

 

Abstrak

Pembelajaran kontekstual dalam materi geografi terus dikembangkan. Namun masih terdapat permasalahan pada kesesuaian materi yang tidak relevan. Materi yang tersedia saat ini dengan kebutuhan materi pembelajaran masih memiliki kekurangan. Penelitian ini membahas tentang materi pembelajaran kontekstual melalui konten wisata taman Cibutu. Metode yang digunakan adalah pengembangan, dengan tahapan analisis kebutuhan dan desain produk materi pembelajaran geografi kontekstual. Materi pembelajaran diperoleh melalui pengumpulan data langsung pada sumber utama, kemudian di analisis deskriptif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kebutuhan materi pembelajaran kontekstual terdiri dari konsep wisata Cibutu, dan komponen wisata taman Cibutu. Penelitianan ini akan memberikan implikasi pada pembelajaran kontekstual geografi sebagai sumber belajar yang relevan dalam pembelajaran geografi.


Keywords


learning design; instructional; meaningful learning

Full Text:

PDF

References


Adrasmoro, D., Santosa, S., & Endarto, D. (2015). Pengembangan Potensi Pariwisata Pendidikan Geografi dengan Analisis Kurikulum Geografi SMA Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Jurnal GeoEco, 1(2), 180–194.

Azzahra, H. J., Astuti, W., & Rini, E. F. (2018). Komponen Keterpaduan Objek Wisata di Kawasan City Walk Slamet Riyadi Ditinjau dari Sistem Pariwisata. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 13(1), 20. https://doi.org/10.20961/region.v13i1.16260

Bibin, M., & Mecca, A. N. (2021). The Suitability Analysis and Carrying Capacity of Marine Tourism Area (Case Study of Ujung Suso Beach, East Luwu Regency). Torani Journal of Fisheries and Marine Science, 4(December), 1–14. https://doi.org/10.35911/torani.v4i1.12244

Eraku, S. S., Baruadi, M. K., Permana, A. P., Hendra, H., & Mohamad, N. (2020). POTENSI EKOWISATA PANTAI MOLOTABU KABUPATEN BONE BOLANGO BERDASARKAN ANALISIS SPASIAL EKOLOGIS (The Potential of Molotabu Beach Ecotourism, Bone Bolango Regency Based on Ecological Spatial Analysis). Jurnal Sains Informasi Geografi (J SIG), 3(2), 100-107.

Grindsted, T. S., & Nielsen, T. T. (2022). Spaces of learning – practising the SDGs through geographical fieldwork methods in a nature park. International Journal of Sustainability in Higher Education, 23(8), 105–119. https://doi.org/10.1108/IJSHE-04-2021-0132

Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228

Hendra, Budijanto, & Ruja, I. N. (2018). Penguatan Kesetiakawanan Sosial Peserta Didik melalui Nilai Budaya Perayaan Maudu Lompoa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1339–1342. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11667

Hendra, H., Pratama, M. I. L., Lahay, R. J., & Hasriyanti, H. (2021). Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529–536. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.251

Isdarmanto. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Yogyakarta: Gema media Aksara.

Jamaludin, M., & Kadir, S. A. (2012). Accessibility in Buildings of Tourist Attraction: A case studies comparison. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 35(December 2011), 97–104. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.02.067

Kobi, W., & Hendra, H. (2020). Kajian geografi ekonomi: studi kasus kondisi sosial ekonomi masyarakat suku bajo di popayato, gorontalo. Jambura geo education journal, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4637

Liayong Pratama, M. I., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Pariwisata Pada Materi Potensi Ekowisata Di Kawasan Teluk Tomini. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XIII(1), 2549–4171. https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1286

Mauludiyah, A., Wirahayu, Y. A., Budijanto, B., & Suharto, Y. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah Geografi untuk siswa SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(11), 1210–1225. https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1210-1225

Melgaço, L. (2022). The contextual nature of geography: a perspective from the South. GeoJournal, 87(S3), 377–379. https://doi.org/10.1007/s10708-020-10205-4

Muis, A., Sumarmi, S., & Astina, I. (2016). Strategi Pengembangan Ekowisata Bahari Sebagai Sumber Belajar Geografi Pariwisata. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2178–2188. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8068

Ningrum, P. A. (2020). Pemanfaatan Tumbuhan Eceng Gondok Di Waduk Jajong Desa Bulubrangsi - Laren- Lamongan. Jurnal Geografi, Geografi Dan Pengajarannya, 20(20), 1–8. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/345774591_JURNAL_GEOGRAFI

Suci, H. A., Sayyidah, Rusijono, & Jacky, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tematik, 11(3), 54–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafiudin, M., Sumarmi, S., & Astina, I. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Dengan Project Based Learning Untuk Materi Ekowisata Pesisir Dan Laut Di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 347–353. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6160

Wunani, D., Nursinar, S., & Kasim, F. (2013). Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Nike, 1(2), 89–94. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/nike/article/view/1226


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hendra Hendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter