Kesiapsiagaan Peserta Didik Disabilitas SLB Putro Oyotasih dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi

Anisa Tabriz Giza Zahrani(1), Ayu Dila Putri Yuliani(2*), Adityo Wicaksono(3), Siti Azizah Susilawati(4), Anggi Regita Ananda(5), Afif Putramayoga(6),

(1) Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
(4) Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
(5) Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
(6) Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.52990

Abstract


Klaten is one of the districts in Central Java that has a disaster threat index number 4 out of 35 districts in Central Java. In 2006, Klaten Regency experienced an earthquake which resulted in approximately 5500 people losing their lives. Persons with disabilities are the group most at risk when a disaster occurs. Preparedness studies are important to do as anticipation if an earthquake occurs during study hours and results in large losses. Therefore the purpose of this study is to determine the preparedness of Putro Oyotasih SLB students in dealing with earthquakes. This research uses a quantitative type with a descriptive analysis design. The population used in this study were all students of SLB BC Putro Oyotasih, totaling 34 students. Preparedness is assessed from four parameters, namely (1) knowledge, (2) emergency response plans, (3) early warning systems, and (4) mobilization. The results of the study show that the readiness of students has a value of 55.9%, which is included in the Almost Ready category. Based on the results of this research, it is hoped that the local government and schools will continue to provide socialization and simulations regarding earthquake prevention.


Abstrak

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki indeks ancaman bencana nomor 4 dari 35 kabupaten di Jawa Tengah. Pada tahun 2006, Kabupaten Klaten pernah mengalami gempa yang mengakibatkan kurang lebih 5500 jiwa kehilangan nyawa. Penyandang disabilitas merupakan kelompok paling berisiko saat terjadi bencana. Kajian kesiapsiagaan penting dilakukan sebagai antisipasi apabila gempa bumi terjadi pada jam belajar dan berdampak pada kerugian yang besar. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik disabilitas SLB Putro Oyotasih dalam menghadapi gempa bumi. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain analisis desktriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua peserta didik SLB BC Putro Oyotasih, yang berjumlah 34 peserta didik. Kesiapsiagaan dinilai dari empat parameter yaitu (1) pengetahuan, (2) rencana tanggap darurat, (3) sistem peringatam dini, dan (4) mobilisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapsiagaan peserta didik memiliki nilai sebesar 55.9% termasuk dalam kategori Hampir Siap.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan kepada pemerintah setempat dan pihak sekolah untuk terus memberikan sosialisasi dan simulasi mengenai mitigasi gempa bumi.



Keywords


preparedness; disabilty; earthquake

Full Text:

PDF

References


Assafira, A. (2023). Skripsi Full Anisa Assafira 208180011. Electronic Theses Of Iain Ponorogo .

Darmareja, R., Widianti Kuswara, S., Taufik Ismail, I., & Studi Keperawatan, P. (2022). Kesiapsiagaan Mahasiswa Program Studi Diploma Iii Keperawatan Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. In Jurnal Ners Indonesia (Vol. 13, Issue 1).

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 94–102.

Humaedi, S., Wibowo, B., & Raharjo, S. T. (2020). Kelompok Rentan Dan Kebutuhannya (Sebuah Kajian Hasil Pemetaan Sosial CSR PT Indonesia Power UPJP Kamojang). Share: Social Work Journal, 10(1), 61–72.

Kartika, S. A., Prabasworo, A., & Nugroho, A. (2019). Sosialisasi Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Balikpapan. Abdimas Universal, 1(2), 30–38.

Kurniasih, A., Marin, J., & Setyawan, R. (2020). Belajar Dari Simeulue: Memahami Sistem Peringatan Dini Tsunami Di Indonesia. Jurnal Geosains Dan Teknologi, 3(1), 21–30.

Kurniawati, D., & Suwito, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 2(2).

Nuriana, D., Rusyidi, B., & Fedryansyah, M. (2020). Mitigasi Bencana Berbasis Sensitive Gender. Share : Social Work Journal, 9(2), 179. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V9i2.25562

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55.

Perwitasari, I. D., Hendrawan, J., & Putri, N. A. (2023). Sistem

Informasi Warta Desa (Siwada) Dengan Menggunakan Sms Gateway

Pada Desa Klambir Lima Kebun. Jurnal Indonesia: Manajemen

Informatika Dan Komunikasi, 4(2), 529–539.

Pratama, T. K., Sarir, R. R., Utami, N. Z., Zairotul, A., Mufidah, L. S., & Wardani, P. I. (2020). Respon Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SMP M 7 Bayat Dan SMP MBS 2 Prambanan. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan, 4(1), 39–49.

Rahman, S., Ras, Z. E. U., & Putri, P. Y. (2013). Tingkat Pemahaman Masyarakat Nagari Tandikat Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi. Cived Unp, 1(2), 184–189.

Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120–143.

Setiawan, D. N., Mulyana, E., Rokhim, K. A., Nurraudah, R., & Yuamita, F. (2023). Perancangan Produk E-Fruitcard Bagi Penyandang Tunagrahita. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(I), 1–7.

Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya Pengurangan Risiko Bencana Pada Kelompok Rentan. Jurnal Dialog Dan Penanggulangan Bencana, 10(1), 30–38.

Taklal, S. A., Ikka, E. G., Ajeng, J., & Deliviana, E. (2023). Pendidikan Kebencanaan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 1–6.

Utama, R. P., & Putra, R. R. (2022). Gempa Bumi Tingkat

Kesiapsiagaan Siswa Kelas X Smk Negeri 5 Padang Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Applied Science In Civil Engineering, 3(1), 65–69.

Uyun, M., & Yoseanto, B. L. (2022). Seri Buku Psikologi: Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Wulandari, R. (2017). Analisis Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Penyandang Disabilitas Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Manajemen Bencana (JMB), 3(1).


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisa Tabriz Giza Zahrani, Ayu Dila Putri Yuliani, Adityo Wicaksono, Siti Azizah Susilawati, Anggi Regita Ananda, Afif Putramayog

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter