Penerapan Pembelajaran KKL (Kuliah Kerja Lapangan) untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Tadris IPS

Roby Firmandil Diharjo(1*), Syamsunardi Syamsunardi(2),

(1) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makasar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.52899

Abstract


Learning IPS is essentially to teach students to recognize various aspects of social symptoms that occur in life. Various symptoms of life must be introduced and conveyed during learning. Good learning invites students to take an active part in learning. Learning conditions that are dominated by educators make students passive. The lack of activeness of students in taking part in learning. This study aims to shape the character of students during learning to increase learning activeness. The declining activeness of students during learning makes the selection of KKL as an alternative to improve the development of students. Observing activities while in the field involves learner activeness so that they can develop their learning activeness. This research covers the KKL activities of Tadris IPS students at Zainul Hasan Islamic University Genggong with climatology meteorology courses conducted at BMKG Malang. The results showed high percentage indicators of 80%, 70%, 90%, and a good percentage of 60%. This research method is qualitative. Learning from time to time must continue to be improved. This research will have a high influence, one of which is as a solution to learning problems, especially increasing the learning activeness of students in the future.


Abstrak

Pembelajaran ips hakekatnya untuk mengajarkan peserta didik mengenal berbagai aspek gejala sosial yang terjadi pada kehidupan. Beragam gejala kehidupan harus di kenalkan dan di sampaikan selama pembelajaran berlangsung. Pembelajaran yang baik mengajak peserta didik untuk ikut andil aktif selama pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang banyak di kuasai oleh pendidik menjadikan peserta didik pasif. Kurangnya keaktifan peserta didik dalam ikut andil selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik selama pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan belajar. Keaktifan peserta didik yang menurun selama pembelajaran menjadikan pemilihan KKL sebagai alternatif memperbaiki pengembangan peserta didik. Kegiatan mengamati selama di lapangan melibatkan keaktifan peserta didik sehingga bisa mengembangkan keaktifan belajarnya. Penelitian ini mencakup kegiatan KKL mahasiswa Tadris IPS Universitas Islam Zainul Hasan Genggong dengan matakuliah meteorologi klimatologi yang dilaksanakan di BMKG Malang. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pembelajaran dari masa ke masa harus terus ada pembenahan. Hasil penelitian menunjukkan indikator persentase tinggi sebesar 80%, 70%, 90% dan persentase baik sebesar 60%. Penelitian ini akan memberikan pengaruh yang tinggi salah satunya sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran kususnya meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di masa yang akan datang.



Keywords


learning design; instructional; meaningful learning

Full Text:

PDF

References


Arinta, D., Utaya, S., & Astina, K. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KULIAH KERJA LAPANGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Aulia, J. Z., & Fatichatul, F. (2022). Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi ANALISIS KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAMS GAMESTOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA 5 DI SMA N 15 SEMARANG.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Multivariat. 12(1).

Khairani. (2015). EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA LAPANGAN GEOGRAFI DI JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG (Vol. 4, Issue 1).

Kharis, A., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., Universitas, P., Satya, K., & Salatiga, W. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. 7(3), 173–180.

Munandar, A. (2020). Praktek Kuliah Lapangan/Kuliah Kerja Lapangan di Perguruan Tinggi (Survey Pendapat di UNJ dan UPI). PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 13–29. https://doi.org/10.21009/parameter.321.02

Nofrion, dan. (2015). EVALUASI PELAKSANAAN KULIAH KERJA LAPANGAN GEOGRAFI DI JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG (Vol. 4, Issue 1).

Norsandi, D. (2018). PENGARUH KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA (Vol. 5, Issue 1).

Saepul Bahri, A. (2020). EFEKTIVITAS KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) DALAM MENINGKATKAN SPATIAL THINKING “Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNISMA Bekasi.” In GEOGRAPHIA Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi: Vol. I (Issue 1).

Setiawan, T. T. S. (2018). INDEKS KEPUASAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA LAPANGAN PADA JURUSAN PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA TAHUN 2018. In Journal of Sport Coaching and Physical Education (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe

Suarni. (2017). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ORGANISASI PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK KELAS IV SD NEGERI 064988 MEDAN JOHOR T.A. 2014/2015. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 1(2), 129–140.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sukma Wardani, F., & Dyah Sulistyaningrum, C. I. (2019). ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019). 20–30.

Suyanti. (2020). PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI KARAKTER SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KETERAMPILAN MAHASISWA. In Social Science Education Journal (Vol. 7, Issue 2).

Umar, H. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division).

Wibowo Nugroho. (2016). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128–139.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Roby Firmandil Diharjo, Syamsunardi Syamsunardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter