Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Kahoot) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bonjol

Anisa Agustina(1*), Loli Setriani(2), Nila Afryansih(3),

(1) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.52721

Abstract


This study is motivated by the low motivation of students to learn and the selection of learning media used by teachers in the learning process is considered less appropriate and the management of learning activities that still cannot generate optimal student learning motivation. This study aims to determine and analyze data on the application of Kahoot application-based learning media to student learning motivation in Geography subjects at SMAN 1 Bonjol. The type of research used is a type of quasi-experiment research. The population in this study amounted to 134 students. The sample in the study of class XI IPS 1 as a control class, and class XI IPS IPS 3 as an experimental class. The instruments used in this study were a questionnaire sheet. Data analysis techniques used are the questionnaire validity test and questionnaire reliability and analysis requirements test. Based on the results of the study, it is concluded based on the results of the t-test of 2,108 with a significant value of 0.04 <0.05, meaning that Ha is accepted so that the data can be concluded that there is an effect of Kahoot learning media on geography learning motivation of class XI students of SMAN 1 Bonjol.

 

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan pemilihan media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran dinilai kurang tepat dan pengelolaan kegiatan pembelajaran yang masih belum dapat membangkitkan motivasi belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi di SMAN 1 Bonjol. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 134 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPS IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji validitas angket dan realiabilitas angket serta uji persyaratan analisis. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan berdasarkan hasil uji t sebesar 2.108 dengan nilai signifikan 0,04 < 0,05, artinya Ha diterima sehingga data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMAN 1 Bonjol.


Keywords


kahoot; learning motivation

Full Text:

PDF

References


Affrida, E. N. (2017). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini POLA ASUH ANAK USIA PRA SEKOLAH BAGI IBU DENGAN PERAN GANDA. 3. www.kpai.go.id

Alfansyur, A. and Mariyani, M., 2020. Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), pp.146-150

Aliman, M., Halek, D. H., Marni, S., Mike, M., & Florensia, S. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT DAN GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57-71.

Aulia Karima Zuhda Utami, & Dudung Hamdun. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Man 4 Kebumen. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 20–31. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.51-02

Ayuni, R., & Oktavia, E. (2022). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 279–284.

Bunga Rachel, R. P. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa KElas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 2 UJUNG BATU. 01(02), 113–121. https://doi.org/10.30606/bjpi.v01i01.xxx

Dahlia, S., Tricahyono, N. H., & Adiputra, A. (2021). Peningkatan Kapasitas Guru Geografi Memanfaatkan Media Pembelajaran Online dan Offline di Masa Covid 19. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 651-658.

Delita, F., Berutu, N., Rahmadi, M. T., Syahputra, D. T. M., & Simangunsong, S. M. (2020). LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL SEBAGAI BAHAN AJAR GURU GEOGRAFI SE PROVINSI SUMATERA UTARA.

Fauziyah, L., Efendi, A., & Sandy, A. T. (2021). Respon Siswa DalamPenggunaan Media Evaluasi Quizizz Pada Kelas X Lintas Minat Geografi SMAN 1 Kauman Tulungagung. geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 2(2), 120-128.

Hardianto. (2013). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI MTs MENAMING KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. 2(2).

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Haviza, D., Setriani, L., & Suryani, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8.0 dalam Meningkatkan Motivasi Elajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS di MAN 2 Solok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 10024-10035.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Izzati, M. & Kuswanto, H. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning berbantuan Kahoot terhadap Motivasi dan Kemandirian Siswa. http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/issue/ view/201.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Purwanto, A., Cahyaningrum, W., & Fera, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 1-9.

Rabong, F. A., Nasri, N. M., & Mansor, A. Z. (2020). Keberkesanan Aplikasi Kahoot! Sebagai Alat Untuk Mengulang Kaji Mata Pelajaran Geografi (Tajuk Skala dan Jarak). Jurnal Dunia Pendidikan, 2(3), 278-286.

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–208. https://doi.org/10.36928/jpkm.v7i2.35

Samudera, A. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot ! Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( Ski ) Di Madrasah Aliyah Pembangunan Uin Jakarta. 55.

Setiawan, A. R. 2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28-37.

Widia, F. R., Tanamir, M. D., & Afryansih, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mit App Inventor Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Journal on Education, 5(4), 17190-17199.

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisa Agustina, Loli Setriani, Nila Afryansih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter