Pengaruh Program Adiwiyata terhadap Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang (UNP)

Shelina Rahma Putri Nst(1*), Nefilinda Nefilinda(2), Rozana Eka Putri(3),

(1) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.52192

Abstract


This research is motivated by the low participation of students in mutual cooperation and students' lack of awareness in maintaining plants. This study aims to determine and analyze data about the effect of the Adiwiyata Program on the Environmental Care Character Value of Laboratory Development Junior High School Students (UNP). This type of research uses a quantitative approach with a descriptive correlational method. The population in this study was a total of 8 classes with a total population of 211. The technique used is purposive sampling, samples with a total of 54 samples with data analysis techniques descriptive percentage analysis, and conditional tests. The results showed that the average VIII.A class with a percentage of 95% was in the "Good" category. Class VIII.B with a percentage of 88% is in the "Good" category. As for the character value of environmental care, the average of class VIII.A with a percentage of 92% is in the "Good" category. Then the hypothesis test was carried out through these calculations, and the correlation results obtained from a correlation of 0.575 with a significance value of 0.000. Due to the significance value <0.05, it can be concluded that there is a significant correlation or relationship between the Adiwiyata program and the environmental care character of students at the Padang State University Laboratory Development Junior High School. 

 

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya partisipasi siswa dalam gotong royong dan kurangnya kesadaran siswa dalam memelihara tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data tentang Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Nilai Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP Pembangunan Laboratorium(UNP). Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah total 8 kelas dengan jumlah populasi 211. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, sampel dengan total sebanyak 54 sampe dengan teknik analisis data analisis deskriptif persentase dan uji persyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas VIII.A dengan persentase 95% dalam kategori “Baik”. Dan kelas VIII.B dengan persentase 88% termasuk kategori “Baik”. Sedangkan untuk nilai karakter peduli lingkungan didapatkan rata rata kelas VIII.A dengan persentase 92% termasuk kategori “Baik”. Adapun kelas VIII.B dengan persentase 87% termasuk kategori “Baik”. lalu dilakukan uji hipotesis melalui perhitungan tersebut didapatkan hasil korelasi hasil dari korelasi sebesar 0,575 dengan nilai signifikansi 0,000. Dikarenakan nilai signifikansi < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi atau hubungan yang signifikan antara program adiwiyata dengan karakter peduli lingkungan peserta didik di SMP pembangunan Laboraturium Universitas Negeri Padang. 


Keywords


adiwiyata; environmental character value

Full Text:

PDF

References


Adam, A. F. B. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 166–173.

Auliani, R., Maha, J. H. B., Apsari, D. A., Tanjung, N., Rusli, M., Syaputri, D., ... & Girsang, J. B. (2022). Perbedaan Pengetahuan Siswa terhadap Penggunaan Plastik di Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kabanjahe dan SMP RK Budi Murni Lau Baleng). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5122-5126.

Beanal, Y., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2019). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMP Negeri 7 Salatiga. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 428-444.

Fitri, F. L. (2022). Implikasi program sekolah adiwiyata terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan di MIN 10 Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25-40.

Haryadi, D., & Widodo, H. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 195-210.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

IVAN, S. A. (2019). Penerapan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2009 Dalam Lingkungan Pelabuhan Wisata Di Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas Iii Nusa Penida. 1–45.

Jumadil, dkk. (2015). Penerapan Program Adiwiyata pada Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar di Kota Kendari. Jurnal Sains & Teknologi, 200.

Khanapi. (2013). undang undang pendidikan. Records Management Journal, 1(2), 1–15.

Khasanah, U. (2019). Manajemen Program Adiwiyata Di SMP Negeri 2 Baturraden Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN).

Nefilinda, N., & Siwi, S. A. (2022). Reuse Upcycling Sebagai Wujud Peduli Lingkungan Warga Sekolah di SD Islam Cendekia Kota Bukittinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 434–442. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1148

Riki, M. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Di Smp Negeri 1 Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Equity in Education Journal, 3(1), 47-53.

Sugiyanto, E., & Abdullah, G. (2022). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7999-8011.

Sulastri, C. (2020). Panduan Pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. February, 1–23.

Susilawati, W. O., Darniyanti, Y., Prasetyo, D. E., Apreasta, L., & Novitasari, A. (2020). Urgency of Adiwiyata School for education as sustainable development. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(4), 543-549.

Yusnidar, T., Liesnoor, D., & Banowati, E. (2015). Peran Serta Warga Sekolah Dalam Mewujudkan Program Adiwiyata Di Smp Wilayah Semarang Barat. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1–7.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shelina Rahma Putri Nst, Nefilinda Nefilinda, Rozana Eka Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter