Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Whatsapp terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Bonjol

Putri Putri(1*), Nila Afryansih(2), Trina Febrianti(3),

(1) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.51699

Abstract


This research was motivated by a lack of student readiness to participate in learning activities from the exercises that had been carried out. Some students still have difficulty understanding concepts and finding connections between material. This study aims to determine the effect of WhatsApp-assisted recitation learning methods on student learning outcomes at SMA N 1 Bonjol. The type of research used is quantitative descriptive research. The population in this study were all class XI students at SMA N 1 Bonjol. Sampling in this study used the Cluster Random Sampling technique and obtained class XI IPS 2 as the control class and XI IPS 4 as the experimental class. The analysis technique in this research uses the t-test. The results of this study revealed that the experimental class score with an average of 85.94 was better than the control class of 81.62. The WhatsApp-assisted recitation learning method influences student learning outcomes in Geography in class XI at SMAN 1 Bonjol with a t value of 1.997 with a sig (2-tailed) of 0.004 <0.05. This means that there is an influence of the WhatsApp-assisted recitation learning method on geography learning outcomes in class XI IPS students at SMA Negeri 1 Bonjol where the average value of the experimental class is greater than the control class.


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kesiapan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dari latihan yang telah dilakukan. Masih  terdapat  peserta  didik yang  mengalami  kesulitan  dalam  memahami konsep  dan  menemukan keterkaitan antara materi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran resitasi berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Bonjol. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas XI  di SMA N 1 Bonjol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Cluster Random Sampling dan didapatkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian ini mengungkapkan nilai kelas eksperimen dengan rata-rata 85,94lebih baik dari pada kelas kontrol 81,62. Terdapat pengaruh metode pembelajaran resitasi berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI di SMAN 1 Bonjoldengan nilai t sebesar 1,997 dengan sig (2-tailed) sebesar 0,004< 0,05. Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran resitasi berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bonjol dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.



Keywords


whatsapp; learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Asiyah, S., Murjainah, M., & Wardiah, D. (2020). STUDI KEMAMPUAN BERFIKIR SPASIAL SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 MUARA PINANG. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 5(1), 63-68.

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8.

Cipta, A. M. (2018). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djeni, Wardhani, H. A. K., & Octavianus, C. (2021). Pengaruh penggunaan Metode Resitasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SMP Negeri 1 Sintang. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5.

Hapnita, J. (2018). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghafia Indonesia.

Kurniati, I., Bustanur, B., & Alhairi, A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI C di MTs Darul Ulum Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 3(1), 87-98.

Mudjiono, D. dan. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Munaji. (2018). Pengaruh Metode Diskusi, Metode Resitasi, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. program studi magister pendidikan IPS.

Paresga, I., Jono, A. A., & Yunarman, S. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Tingkat Penyerapan Materi Pembelajaran Ips Di Pesantren Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 4(2), 137-147.

Pramesti, A. A., & Rini, J. (2021). Studi Perbandingan Metode Resitasi Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesia Journal of Elementary Education, 1.

Rahma, Daniah, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Berbantuan Media Bulletin Board Display Terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 2 Bener Meriah. Jurnal Pendidikan, 11.

Sulastri, S. (2023). Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMK selama Pandemik Covid-19. Journal of Education Action Research, 7(1), 15-23.

Suprijono, A. (2017). Pembelajaran Kooperatif: Teori &Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wicaksono, M. D., Hairunisya, N., & Hadi, N. U. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Metode Resitasi Dan Pemanfaatan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9.

Zakiy, W. W., Handoyo, B., & Hartono, R. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik XI MAN 1 Trenggalek. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(3), 250-258.


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Putri, Nila Afryansih, Trina Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter