Meningkatkan Kreativitas Belajar Geografi dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar

Viona Prisilia(1*), Ade Irma Suryani(2), Nila Afryansih(3),

(1) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.51471

Abstract


This study is based on the background of many students, who are less active in finding their own information from other sources, then students tend to just sit, listen, and record what is conveyed by the teacher and students who actively express opinions are limited to a few children. The research population consisted of 5 classes with a total of 173 students, and sampling using random sampling techniques. Data analysis techniques used descriptive analysis and analysis requirements test. This research was conducted at SMA 1 X Koto Tanah Datar. The results showed the learning creativity of geography students, the percentage value of the Experimental class with the learning model (PBL) 89% very high category and for the Control class (Conventional) with a percentage of 71% medium category and based on the analysis of the Independent Samples Test the large t_hitung is 2.426 and the value of t_hitung with db 68 at a significant level of 5% is 2.032 The value of t_hitung> t_table, or the p value is smaller than 0.05 (p=0.015 <0.05).  So, Ha means it is accepted that there is an effect of the Project Based Learning learning model on increasing the learning creativity of Geography class X students at SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pada banyak siswa yang kurang aktif untuk mencari informasi sendiri dari sumber lain, kemudian siswa cenderung hanya duduk, mendengarkan, dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru dan siswa yang aktif mengemukakan pendapat terbatas pada beberapa anak saja.Jenis penelitian dalam penelitian ini kuantitatif. Populasi penelitian yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah 173 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data digunakan analisi deskrtiptif dan uji persyaratan analisis. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 X Koto Tanah Datar. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas belajar siswa geografi, nilai persentase kelas Eksperimen dengan model pembelajaran (PBL) 89% kategori sangat tinggi dan untuk kelas Kontrol (Konvensional) dengan persentase 71% kategori sedang dan berdasarkan uanalisis Uji Independent Samples Test besar t_hitung adalah sebesar 2.426 dan nilai t_hitung  dengan db 68 pada taraf signifikan 5 % sebesar 2.032 Nilai t_hitung>t_tabel, atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p=0,015<0,05).  Jadi, Ha artinya diterima terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa Geografi kelas X di SMA Negeri 1 X Koto Tanah Datar. 


Keywords


active learning; project based learning

Full Text:

PDF

References


Asmaranti, W. (2019). Pengembangan Computer Based Media (CBM) ”Matiktok” Matematika bagi Siswa SMP Berbasis Guided Discovery dan Berorientasi pada Pendidikan Karakter [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/66190/

Aziza, N., & Rosita, L. (2020). Belajar geografi dengan media komik serta pengaruhnya terhadap minat belajar geografi siswa. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 5(2), 19–26.

Fitriani, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Geografi untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Pinrang. Universitas Negeri Makassar.

Hendra, H., Pratama, M. I. L., Lahay, R. J., & Hasriyanti, H. (2021). Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529–536.

Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219–231.

Maskur, R., Sumarno, S., Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Kinarya, E. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mukaromah, Z., Zid, M., & Sya, A. (2022). Analisis Pengaruh PJBL dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Fisik Pembelajaran Geografi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 64–70.

Muslim, B. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Pembelajaran Geografi. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 1(01).

Nawalinsi, M. S. M. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode Pjbl, Pbl, Inquiry, dan Discovery dalam Pembelajaran Geografi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Oktarinah, O., & Wiyono, K. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis model pembelajaran proyek materi alat-alat optik untuk kelas X SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 80–85.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242.

Rahmanelli, R. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Spasial Mahasiswa Melalui Teknik Media Peta Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional. Jurnal Pejuang Pendidikan, 3(3), 313–316.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Viona Prisilia, Ade Irma Suryani, Nila Afryansih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter