Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di SMAN 1 Batipuh

Gita Isma Syafitri(1*), Slamet Rianto(2), Yuherman Yuherman(3),

(1) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i1.51470

Abstract


The background of this research is the active learning caused by the lack of students asking questions and the absence of participation in helping friends during discussions. The type of research used is quasi-experimental research. The research design used was the Pretest-Posttest Control Group Design X SMAN 1 Batipuh which was registered for the 2022 – 2023 academic year consisting of 9 classes with a total of 306 students. The sampling in this study was random sampling. The results of the study: 1) The activeness of the students in the Geography experimental class in class X.E 3 at Sman 1 Batipuh Academic Year 2022/2023, obtained an average percentage value of 80.54% which was classified as "Very good while the Geography Control class, obtained an average The average percentage is 58.07% which is classified as "Pretty Good. Test Requirements Analysis For p values less than 0.05 (p = 0.000 <0.05), the results of the t-test show that there is a significant difference between using Flipped Classroom and Conventional Learning and see the difference in the average value of the Posttest using the conventional learning model has an average value of 57.51, while after using the treatment the learning model has increased to 83.77. So, the difference is an increase of 26.26 from using the conventional learning model to the Flipped Classroom. 


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pada keaktifan belajar yang disebabkan karena kurangnya siswa dalam bertanya, tidak adanya partisipasi dalam membantu teman saat berdiskusi.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi exsperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design X SMAN 1 Batipuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2022 – 2023 terdiri atas 9 kelas dengan jumlah 306 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini secara random sampling. Hasil penelitian :1) Keaktifan siswa kelas ekperimen mata pelajran Geografi pada kelas X.E 3 di Sman 1 Batipuh Tahun Ajaran 2022/2023, memperoleh nilai persentase rata – rata sebesar 80,54% yang tergolong kedalam “Sangat baik sementara kelas  Kontrol geografi, memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 58,07% yang tergolong kedalam “Cukup baik. UJi Persyaratan analisis Untuk nilia p lebih kecil dari 0,05 (p=0,000<0,05) jadi, demikian hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan menggunakan Pembelajaran Flipped Classroom dan Konvensional  dan di lihat Perbeadaan nilai rata-rata Postest menggunakan model pembelajaran Konvensional nilai rata-rata nya 57,51 sedangkan setaleh menggunakan perlakuan model pembelajaran mengalami peningkatan menjadi 83,77. jadi, selisihnya peningkatanya sebesar 26,26 dari menggunakan model pembelajaran Konvensional ke Flipped Clasroom.      



Keywords


flipped classsroom; student activity

Full Text:

PDF

References


Budiman, H. M., & Nofrion, N. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Exo Olo Task Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(2), 185-198.

Heidjrachman, Ranupandojo, dan Suad Husnan. (2015). Manajemen Personalia (Edisi Keem). BPFE UGM.

Ihsan, Fuad. (2014). Dasar-Dasar Kependidikan. Rineka Cipta.

Ishak, T., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Implementasi model pembelajaran flipped classroom guna meningkatkan interaksi belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen informasi dan E-Administrasi. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 109-119.

Janatin, Y. (2019). Penerapan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kurniawan, E. H., & Wulandari, S. (2018). The Effect of Flipped Classroom toward Students’ Achievement in Teaching Reading. JET (Journal of English Teaching) Adi Buana, 3(1), 1-10.

Maknun, L. L., & Kamila, H. (2022). Model pembelajaran dalam rangka menghadapi pembelajaran tatap muka di era new normal pada tingkat sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1).

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226-242.

Saputra, D. N., & Herdiati, D. (2020). Penerapan Flipped Classroom Pada Pembelajaran Teori Musik Di Prodi Pendidikan Musik. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18.

Subagia, I. M. (2017). Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan prestasi belajar ipa siswa kelas x ap 5 smk negeri 1 amalapura i. Pendahuluan tahun ajaran 2016/2017. Lampuhyang, 8(2), 14-25.

Syarif, E. (2023). Development of Encyclopedia-Based Natural Disaster Mitigation Teaching Material Supplements in Geography Learning in Senior High School. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 230-238. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline179

Syarif, E. (2023). MENGONSTRUKSI POTENSI BUDAYA LOKAL PATORANI DAN PENERAPANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 11(2), 182. https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.15256

Syarif, E., Maddatuang, M., Saputro, A., Carver, S., & Cutter, S. L. (2023). Disaster education as an effort to improve students' flood mitigation preparedness. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 28(2), 158-167.

Wardhani, R. M. K. P., Handoyo, B., & Budijanto, B. (2022). Pengaruh model flipped classroom berwahana Edmodo terhadap pemahaman konsep Geografi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(2), 116–127. https://doi.org/10.17977/um063v2i2p116-127

WARYANA, W. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Google Sites Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 259-267.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gita Isma Syafitri, Slamet Rianto, Yuherman Yuherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter