Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMAN 1 Gunung Talang

Hudaya Husna(1*), Ade Irma Suryani(2), Nila Afryansih(3),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.51463

Abstract


This research is motivated by the lack of learning models that are applied in the learning process of students who are less active in the teaching and learning process so there are many obstacles to low student activity in learning. The generative learning model aims to make students more active and independent in constructing their knowledge so that students are free to express ideas and reasons for the problems they find. Its function is to further develop a concept where students already know the initial knowledge that has been previously obtained. The research method in this study used a quasi-experimental type of research. The population in this study was the population in this study, there were all students of class XI IPS at SMAN 1 Gunung Talang for the 2022/2023 academic year, which consisted of 5 classes with a total of 162 students. In this study, the researcher took samples using the Random Sampling technique. The samples in this study required two sample classes from the entire population, namely the sample group as the control class and the experimental class. The research results are based on the results of the t-test of 3,130, which means that Ha is accepted so that the data can be concluded that there is an influence of the generative learning model on student activity in class XI geography at SMAN 1 Gunung Talang.


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh oleh kurangnya model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga banyak dijumpai terdapat kendala rendahnya keaktifan siswa dalam belajar. Model pembelajaran Generatif bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dan mandiri dalam mengkontruksi pengetahuannya sehingga siswa bebas mengungkapkan ide atau gagasan dan alasan terhadap permasalahan yang ditemukan. Fungsinya adalah untuk mengembangkan lebih jauh suatu konsep dimana siswa telah mengetahui pengetahuan awal yang telah didapat sebelumnya Metode Penelitian pada penelitian ini menggunakan Jenis penelitian yang kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini ada seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan total sebanyak 162 siswa. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengambilan sampel dengan teknik Random Sampling, dengan sampel dalam penelitian ini diperlukan dua kelas sampel dari keseluruhan populasi yaitu kelompok sampel sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian adalah  berdasarkan hasil uji t sebesar  3.130. dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05, artinya Ha diterima sehingga data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Generatif terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMAN 1 Gunung Talang. 



Keywords


influence; generative learning model

Full Text:

PDF

References


Afriani, D., & Wijayanti, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Ajaran 2012/2013. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.30738/natural.v1i1.257

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer. Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361

Indriana, A., Yusuf, M., Maru, R., & Saputro, A. (2021). Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi untuk mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik. LaGeografia, 19(3), 284–301. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i3.14718

Maharani, O. D. T., & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998

Maryanti, I., Sakinah, N., & Situmorang, H. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Learning Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 3(3). https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i3.11412

Nurkhofifah, L. S., & Suryani, A. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo di SMAN 13 Padang. Horizon, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.22202/horizon.v2i2.5725

Nyompa, S., Suprapta, S., Wahyuni, S., & Azhim, M. I. (2018). The Effect of Student Perception of Teacher Professional Competency On The Result of Geography Learning Class XI Social Science Student’s SMA 12 Sinjai. UNM Geographic Journal, 1(2), 131–136. https://doi.org/10.26858/ugj.v1i2.6597

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung, Indonesia

Sharfina, S., Halim, A., & Safitri, R. (2017). Model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 102–106.

Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori &Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Aceh, Indonesia.

Suryani, A. I., & Mudjiran, M. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik SD 04 Kampung Olo Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10875

Syarif, E., Maddatuang, M., Hasriyanti, H., & Saputro, A. (2022). Exploration of Knowledge and Community Preparedness in Flood Disaster Mitigation. Geosfera Indonesia, 7(3), 277–291. https://doi.org/10.19184/geosi.v7i3.35066

Syarif, E., Maddatuang, M., & Saputro, A. (2023). Geography Learning: Teacher Understanding About Advance Materials. E3S Web of Conferences, 400, 1006. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340001006

Syarif, E., Maddatuang, M., Saputro, A., Carver, S., & Cutter, S. L. (2023). Disaster education as an effort to improve students’ flood mitigation preparedness. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 28(2), 158–167. http://dx.doi.org/10.17977/um017v28i22023p158-167

Syarif, E., Syamsunardi, S., & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara. Jakarta, Indonesia.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hudaya Husna, Ade Irma Suryani, Nila Afryansih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter