Penerapan Media Pembelajaran Realia dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X pada Materi Dinamika Hidrosfer di SMAN 15 Padang

Fitria Ramadani(1*), Momon Dt Tanamir(2), Slamet Rianto(3),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.51105

Abstract


This research is motivated by the lack of variety of media in learning. Students are less motivated in the teaching and learning process and there are obstacles in the delivery of learning material and are often found in learning outcomes that are < from KKM. This study identified and analyzed data about the application of realia learning media to improve students' understanding of the dynamics of the hydrosphere class X at SMAN 15 Padang. The use of realia learning media turned out to make students more active in responding to the media applied by the researcher. The type of research used is a quasi-experimental research type. The population in this study amounted to 818 students with a total of 9 classes X.E class. While the sample in the research class X.E 1 control class, X.E 5 experimental class. The data analysis technique used was descriptive statistical technique and inferential statistical analysis. Based on the research data and discussion that has been described, it is concluded that based on the results of the t test of 3,120 with a significant value of 0.003 <0.05, it means that Ha is accepted so that the data can be concluded that the application of realia learning media can improve students' understanding of the dynamics of the hydrosphere class X at SMAN 15 Padang.


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media dalam pembelajaran. Siswa kurang termotivasi dalam proses belajar mengajar dan terdapat kendala dalam penyampaian materi pembelajaran serta sering dijumpai hasil belajar yang < dari KKM. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis data tentang penerapan media pembelajaran realia untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dinamika hidrosfer kelas X di SMAN 15 Padang. Penggunaan media pembelajaran realia ternyata membuat siswa lebih aktif dalam menanggapi media yang diterapkan peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 818 siswa dengan jumlah 9 kelas kelas X.E. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas X.E 1 kelas kontrol, X.E 5 kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji t sebesar 3.120 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 berarti Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa data penerapan media pembelajaran realia dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang dinamika hidrosfer kelas X di SMAN 15 Padang. 



Keywords


realia type; student understanding

Full Text:

PDF

References


Abbas, I., Syarif, E., & Lisman, L. (2021). Relationship Between Emotional Intelligence and Geography Learning Outcomes of Class XII Students at Wahdah Islamiyah Integrated Islamic High School Makassar. LaGeografia, 20(1), 58–76. https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i1.22203

Afniola, S., Ruslana, R., & Artika, W. (2020). Intelegensi Dan Bakat Pada Prestasi Siswa. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i1.844

Aqli, R. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1). CV.Literasi Nusantara Abadi.

Dewi, C. C., & Surdin, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Penggunaan Media Peta Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaaan Siswa Kelas X IPS-2 SMAN 1 Wangi-Wangi. LaGeografia, 18(1), 9–17. https://doi.org/10.35580/lga.v18i1.10970

Dewi, S. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Dunia Kelas.

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2003). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 50–65.

Habibah Umi, U. (2019). pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v1i2.798

Hasriyanti, H. (2021). Pembelajaran Terintegrasi Budaya Lokal Melalui Tradisi Maccera Siwanua. LaGeografia, 19(2), 251–261. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.15862

Maddatuang, M., Suprapta, S., & Winarti, W. (2021). Seaweed Farmers Perceptions of Children’s Formal Education Level in Bulu-Bulu Village, Tonra District, Bone Regency. LaGeografia, 20(1), 1. https://doi.org/10.35580/LaGeografia.v20i1.24243

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.14706

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261

Salabi, A. S. (2020). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievment: Journal of Science and Research, 1(1), 13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Sandra, H. K., Tanamir, M. D., & Afryansih, N. (2022). Kelayakan dan Praktikalitas Media Pembelajaran Thunkable Berbasis Android pada Materi Ketahanan Pangan Industri dan Energi Kelas XI IIS SMAN 1 Painan. Horizon, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.22202/horizon.v2i1.5499

Sofyadin, R. T. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 1 SMAN 2 Baubau Sulawesi Tenggara. LaGeografia. https://doi.org/10.35580/lga.v17i3.9534

Sugiharti. (2018). Penggunaan Media Realia (Nyata) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Mengenal Lambang Bilangan Pada Siswa Kelas I SDN 02 Kartoharjo Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang, 3(1), 7–14.

Syarif, E., Maddatuang, M., & Saputro, A. (2023). Conservation of Forest Resources Based on Local Knowledge of Indigenous Peoples. EnvironmentAsia, 16, 1223. https://doi.org/10.14456/EA.2023.17

Syarif, E., Maddatuang, M., & Saputro, A. (2023). Geography Learning: Teacher Understanding About Advance Materials. E3S Web of Conferences, 400, 1006. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340001006

Tanamir, M. (2016). Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar. Curricula, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.987

Wita, S., Putri, R. E., & Tanamir, M. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMAN 9 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 9(3), 230–237. https://doi.org/10.23887/jjpg.v9i3.39094

Wati, T., Kasmiati, S., & Nusalam, L. O. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ttw (Think Talk Write) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kulisusu Pada Mata Pelajaran Geografi. LaGeografia, 18(1), 63–69. https://doi.org/10.35580/lga.v18i1.10977

Wijaya, D. (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Hayya. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 72–77. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitria Ramadani, Momon Dt Tanamir, Slamet Rianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter