Penerapan Media Pembelajaran 3D Berbasis Aplikasi Assemblr Edu untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi

Suci Maulidita(1*), Momon Dt Tanamir(2), Trina Febriani(3),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.50764

Abstract


This study aims to find out and identify the feasibility, practicality, and interest of students in using 3D learning media based on the assemblr edu application in the subject of Geography in class X SMAN 2 Kota Solok. The type of research used in this research is action research. The subjects of this research trial were students in grades XE7 and XE10 for the 2022/2023 school year, a total of 71 students. The results of this study are: (1) 3D learning media can be declared very feasible after conducting tests with a total score of 140 with a mean of 4.65 and a percentage level of 93% with the title "Very Eligible". (2) 3D learning media can be stated to be very practical after conducting research with teacher response sheet data so it was obtained in 1813 and obtained a mean of 4.32 and a percentage of 86% in the "very practical" category. (3) Student interest in learning was carried out to see differences in student learning interest by conducting a t-test, from processing with SPSS it showed that p <0.05 means that there were differences in learning interest in the experimental class and the control class. 


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengenalisis tentang kelayakan, praktikalitas serta minat belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran 3D berbasis aplikasi assemblr edu pada mata pelajaran Geografi di kelas X SMAN 2 Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah action reseach. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XE7 dan kelas XE10 tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 71 siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) Media pembelajaran 3D dapat dinyatakan sangat layak setelah melakukan pengujian dengan hasil total skor 140 dengan mean 4,65 dan tingkat persentase 93% dengan predikat “Sangat Layak”. (2) Media pembelajaran 3D dapat dinyatakan sangat praktis setelah melakukan penelitian dengan data lembar respon guru sehingga diperoleh sebesar 1813 dan didapat mean sebesar 4,32 dan persentase sebesar 86% dengan kategori “sangat praktis”. (3) Minat Belajar siswa dilakukan untuk melihat perbedaan minat belajar siswa dengan melakukan uji t, dari pengolahan dengan spss menunjukkan bahwa p < 0,05 berarti terdapat perbedaan minat belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. 



Keywords


assemblr edu applications; student interest in learning

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(1), 210–217. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2476

Dimas, D. D., Suharni, S., & Afriyanti, R. (2022). Students' Barrier in English Online Learning Process During COVID-19 Pandemic. Horizon, 1(4), 712-723. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i4.5239

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

rwanita Dea, D., Nefilinda, N., & Putri, R. E. Pengembangan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. EL-JUGHRAFIYAH, 3(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.24014/jej.v3i1.19331

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105

Momon Dt, T. (2016). Hubungan minat terhadap bentuk tes dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar geografi di sma negeri kabupaten tanah datar 1. Curricula, 1(2). https://doi.org/10.22216/JCC.v2i2.987

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). PRAKTIKALITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 1)Cut. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1741

Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v2i1.370

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. 16(1), 77–80. http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340

Rifai, M. H., & Wijayanti, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi Sma Di Kabupaten Karanganyar the Use of Sma Geographic Learning Media in District Karanganyar. Jurnal Edudikara, 2(3), 210–216. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.50

Saputra, N. (2022). DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD Editor: Nanda Saputra. In DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD DESAIN PENELITIAN MIXED METHOD Editor: Nanda Saputra (Issue November).

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sugiarto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Tiga Dimensi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Menggunakan Augmented Reality Assemblr Edu di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Batu. Tesis, 1–104. https://eprints.umm.ac.id/74500/

Syarif, E., Maddatuang, M., & Saputro, A. (2023). Geography Learning: Teacher Understanding About Advance Materials. E3S Web of Conferences, 400, 1006. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340001006

Syarif, E., Maddatuang, M., Hasriyanti, H., & Saputro, A. (2022). Exploration of Knowledge and Community Preparedness in Flood Disaster Mitigation. Geosfera Indonesia, 7(3), 277–291. https://doi.org/10.19184/geosi.v7i3.35066

Syarif, E., Syamsunardi, S., & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suci Maulidita, Momon Dt Tanamir,Trina Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter