Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dalam Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Rengat Barat

Hikmatul Ayu Nadila(1*), Loli Setriani(2), Yuherman Yuherman(3),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.50762

Abstract


This research is motivated by the low learning activity of students in the classroom and the lack of students understanding of the material that has been taught by the teacher. This study aims to determine the increase in student learning activity and understanding. Using the everyone is a teacher here strategy in class X SMA Negeri 1 Rengat Barat. The method used is a descriptive quantitative research method. This type of research is quasi-experimental research. The data collection technique uses observation sheets and tests (evaluation). Analysis of the data using observation sheets and tests (evaluation). The research subjects consisted of an experimental class and a control class, with the sample selection using the Random Sampling technique. With a total of 34 students in the experimental class and 33 students in the control class. The results of the data analysis stated that the results were significant and the hypothesis was accepted. This means the activity has increased with an average value of 90,06% with a very good category. Student's understanding of learning increased in the experimental class with an average score of 61,69% in the medium category and in the control class with an average value of 49,15% in the low category.


Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa didalam kelas dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan pemahaman belajar siswa menggunakan strategi everyone is a teacher here di kelas X SMA Negeri 1 Rengat Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi dan tes (evaluasi). Analisis datanya menggunakan lembar observasi dan tes (evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan pemilihan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dengan jumlah siswa kelas eksperimen 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 33 siswa. Hasil analisa data dinyatakan hasil signifikan dan hipotesisnya diterima. yang berarti aktivitas mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 90,06 % dengan kategori sangat baik. Sedangkan pemahaman belajar siswa mengalami peningkatan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 61,69 % dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 49,15% dengan kategori rendah. 



Keywords


everyone is a teacher here; activity; understanding; experimentation

Full Text:

PDF

References


Ahmar, D. A. P. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Alam Sekitar Kelas III Di Sd Islam Terpadu Ibnu Mas’ud Kulon Progo. Skripsi, (20), 10–38. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/8597/

Aldora, T. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick (Tongkat Berbicara) dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA N 1 Pancung Soal. Thesis, (STKIP PGRI Sumatera Barat), 24–30

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, C., & Kurniawan, D. (2023). STRATEGI BELAJAR & PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA. Journal of Student Research, 1(1), 202–214. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.980

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta, Insan Madani.

Hanandini, D. A. (2019). Implementasi Strategi Every One is a Teacher Here dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ponorogo Semester Genap Tahun 2018/2019. Electronic Theses of IAIN Ponorogo, 5–24.

Harahap, A., & Novi Srikandi Nasution. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Moral Siswa. Progres Pendidikan, UIN SYAHADA Padangsidimpuan, 2(1), 31–34. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.56

Melvin, S. (2012). Active learning. Bandung, Nuansa.

Miftaqulzanah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP. In Skripsi Pendidikan Matematika.

Asiza, N., & Irwan, M. (2019). Everyone is a teacher here. Pare-pare, Sulawesi Selatan, CV. Kaaffah Learning Center.

Nuswantara. (2016). Everyone Is Teachers Here.

Purnomo, A. (2019). penerapan model pembelajaran kooperatiif tipe team accelerated instruction (TAI) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Kinali. Thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sanjaya, wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2007). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta; prenada media group.

Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Yogyakarta; Insan Madani.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Ummah, N. A., & Budiyono. (2018). Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here Untuk MEningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar(JPGSD), 06(03), 322–331.

UURI, 1945. (n.d.). Undang-Undang republik tahun 1945. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Pasal 31 Ayat 1., Jakarta, 1–166.

Zaini, H. (2001). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hikmatul Ayu Nadila, Loli Setriani, Yuherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter