Analisis Faktor Minat Belajar Geografi Jurusan IPS di MAN 1 Probolinggo
(1) Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(2) Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.44591
Abstract
Learning continues to be applied to increase student knowledge. Learning strategies are ways to attract students' attention to education. Students who have an interest in education will get a more conducive and active learning atmosphere. The purpose of this study was to find out one of the factors of students' interest in geography subjects majoring in social studies. The method used in this research is descriptive qualitative. Subjects who were targeted in data collection were students majoring in social studies. The results of the research show that students who are interested in taking geography subjects are optimistic because the lessons are carried out full of creativity. Students respond better to each geography subject given by the teacher. The teacher provides creativity that makes students interested in following the lesson. Teacher professionalism is important in attracting students' interest in learning and making the learning atmosphere more enjoyable. This description becomes a reference for the future, education should have a lot of creativity, not only focusing on a theory but collaborating with practicum. The amount of literacy from teachers in managing learning in class will generate interest in student learning, especially in all subjects
Abstrak
Belajar terus di terapkan guna peningkatan pengetahuan siswa. Strategi belajar adalah cara dilakukan untuk menarik perhatian siswa di dalam pembelajaran. Siswa yang memiliki minat belajar akan mendapatkan suasan belajar lebih kondusif dan aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui salah satu faktor minat peserta didik terhadap mata pelajaran geografi jurusan IPS. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini berupa deskriiptif kualitatif. Subyek yang menjad sasaran dalam pengambilan data adalah siswa jurusan IPS. Hasil penelitian di dapat bahwasannya siswa yang minat mengikuti mata pelajaran geografi bersifat postif di karenakan pelajaran di laksanakan penuh dengan kreativitas. Siswa lebih merespon baik setiap mata pelajaran geografi yang di berikan oleh guru. Guru memberikan kreativitas yang menjadikan siswa minat mengikuti pelajaran. Profesionalitas guru berperan penting untuk menarik perhatian minat belajar siswa dan membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Gambaran ini menjadi rujukan untuk masa yang akan datang seharusnya pembelajaran memiliki banyak kreatifitas bukan hanya berfokus pada sebuah teori melainkan mengkolaborasikan dengan praktikum. Banyaknya literasi dari guru dalam mengatur pembelajaran di kelas akan menghasilkan minat belajar siswa khususnya semua mata pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnidaleni, A. (2019). PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS XI IPS 1 SMAN 2 PEKANBARU. PEKA, 7(2).
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Bimantara, S., Khosmas, K., & Okianna, O. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MAN 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7) http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26124
Dyah, L. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Lukita. (2021). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Marleni, L. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Meyzilia, A., Ruhimat, M., & Darsiharjo. (2019). Minat belajar geografi siswa kelas XII SMA Negeri se-Kabupaten Bangka tahun 2018. Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 25–33. http://dx.doi.org/10.17977/um017v24i12019p025
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 6.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.496
Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Slameto, 2010, belajar dan factor-faktor yangmempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta.
Syarif, E., Maddatuang, M., & Saputro, A. (2023). Geography Learning: Teacher Understanding About Advance Materials. E3S Web of Conferences, 400, 1006. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340001006
Syarif, E., Maddatuang, M., Saputro, A., Carver, S., & Cutter, S. L. (2023). Disaster education as an effort to improve students’ flood mitigation preparedness. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 28(2), 158–167. http://dx.doi.org/10.17977/um017v28i22023p158-167
Syarif, E., Syamsunardi, S., & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975
Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2). https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045
Article Metrics
Abstract view : 205 times | PDF view : 54 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Roby Firmandil Diharjo, Syamsunardi Syamsunardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.
Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260
Editorial Office