Kompetensi Dasar Model Pembelajaran Project Based Learning Guru Geografi di Kabupaten Pangkep

Suprapta Suprapta(1*),

(1) Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i3.43854

Abstract


This study aims to reveal the basic competencies of project-based learning models, Geography teachers in Pangkep Regency, South Sulawesi. Data collected by questionnaire was carried out between June - August 2022. This research is an exploratory research to serve as a basis for discussion regarding project-based learning models for Geography Teachers who are members of the Pangkep Regency Geography Subject Teacher Consultation group. As a result, teachers stated that they knew the project-based learning model, (87.5%), but only 37.5% used it and 56.3% answered that they sometimes used the project-based learning model. The results of the learning process with the project-based learning model have been collected by many teachers, there are 16 types of products, but all of them are not clarified as student decisions or teacher directions.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kompetensi dasar model pembelajaran berbasis proyek, guru Geografi se Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner dilakukan antara bulan Juni – Agustus 2022. Penelitian ini sebagai penelitian penjajagan untuk dijadikan dasar diskusi mengenai model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada Guru Geografi yang tergabung pada kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi Kabupaten Pangkep. Hasilnya guru menyatakan mengetahui model project based learning, (87,5 % ) namun hanya 37,5 % yang menggunakannya dan 56,3% menjawab kadang kala menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.  Hasil proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek telah banyak dikumpulkan oleh guru, ada 16 jenis produk, namun tidak diperjelas itu semua sebagai keputusan siswa atau arahan guru. 


Keywords


project based learning; geography lessons; Pangkep Regency

Full Text:

PDF

References


Eriska, W., Nefilinda, N., & Suryani, A. I. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. 21(1). https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i1.36079

Hardiman, H., Syarif, E., Abbas, I., & Saputro, A. (2020). UNM Geographic Journal. UNM Geographic Journal, 4(September), 13-23. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ugj.v4i1.22862

Hasriyanti, H., Arfan, A., & Faisal, S. R. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap hasil Belajar Geografi. LaGeografia, 20(2), 219-243. https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.22509

Irmawati, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IIS 1 SMA Negeri 9 Sinjai. LaGeografia. https://doi.org/10.35580/lga.v17i3.9535

Kusmiyatun, S. (2018). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Geografi Materi Memahami Kondisi Perkembangan Negara Di Dunia Melalui Penerapan Metode Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas IX a SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.179

Kusrini, K., & Mustafa, F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII Mts Ar-Ridha Paisumbaos Halmahera-Selatan. Jurnal Geocivic, 2(2). https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1475

Mukaromah, Z., Zid, M., & Sya, A. (2022). Analisis Pengaruh PJBL dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Fisik Pembelajaran Geografi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 64-70. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2857

Munsarikha, N., Utomo, D. H., Budijanto, B., & Sumarmi, S. (2023). Pengaruh Model Hybrid-Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangil. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(5), 533-548. https://doi.org/10.17977/um063v3i5p533-548

Nawalinsi, M. S. M. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific dengan Metode Pjbl, Pbl, Inquiry, dan Discovery dalam Pembelajaran Geografi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578

Nur, B. N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 12 MAKASSAR. LaGeografia. https://doi.org/10.35580/lga.v17i1.7339

Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 113–127. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i1.13608

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.14706

Setiawan, I. (2006). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi Melalui Pengembangan Media Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1742

Sofyadin, R. T. (2019). Implementation The Problem Based Learning Models To Improve Learning Outcomes Of XI Iis 1 Class 2 State High School Students Baubau Southeast Sulawesi. La Geografia, 17(3). https://doi.org/10.35580/lga.v17i3.9534

Suryani, N. (2015). Pengembangan buku teks digital interaktif untuk pemahaman konsep geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2). https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3547

Susilawati, S. A., & Sochiba, S. L. (2022). Pembelajaran outdoor study dalam mata pelajaran Geografi: Systematic review. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 27(1), 51-62. https://doi.org/10.17977/um017v27i12022p51-62

Syarif, E., & Syamsunardi, S. (2019). Geography Teacher Problems inSMAN 4 Takalar in the Implementation of 2013 Curriculum. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 9(1), 10-16.

Syarif, E., Maddatuang, M., & Saputro, A. (2023). Geography Learning: Teacher Understanding About Advance Materials. E3S Web of Conferences, 400, 1006. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340001006

Tumbelaka, A., Lobja, X. E., & Poli, E. E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 LANGOWAN. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 2(2), 131-136. https://doi.org/10.53682/gjppg.v2i2.1207

Yusuf, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mengaitkan Ayat Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dinamika Litosfer di Kelas X IIS MAN 1 Makassar. LaGeografia. https://doi.org/10.35580/lga.v16i3.9591


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suprapta Suprapta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter