Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu

Eriska Wahyuni(1), Nefilinda Nefilinda(2*), Ade Irma Suryani(3),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i1.36079

Abstract


Abstract

This study aims to determine the application of learning media based on Google Sites and teacher responses as well as student responses to the application of learning media based on Google Sites on the learning outcomes of students in class X IPS SMA N 1 Tembilahan Hulu. This type of research is a quasi-experimental. The research subjects were students of class X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3 and Class X IPS 4 who were taking geography lessons hydrosphere theme at SMA N 1 Tembilahan Hulu in the academic year 2021/2022. totaling 135 students. The results of the study are: 1) The application of Google Sites-based learning media in geography subjects has a significant effect on the learning outcomes of class X students of SMAN 1 Tembilahan Hulu. The results of the t-test obtained a significant value of 0.000 <0.05, meaning that Ha is accepted and H0 is rejected. 2) Teacher responses and student responses to the application of Google Sites-based learning media are 71.96% and student responses are 76.58%.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Google Sites dan respon guru serta respon peserta didik terhadap penerapan media pembelajaran berbasis Google Sites terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA N 1 Tembilahan Hulu. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3 dan Kelas X IPS 4 yang mengikuti pembelajaran geografi dengan tema hidrosfer di SMA N 1 Tembilahan Hulu tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 135 siswa. Hasil penelitian adalah:  1) Penerapan media pembelajaran berbasis Google Sites pada mata pelajaran geografi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tembilahan Hulu. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Respon guru dan respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis Google Sites sebesar 71,96% dan respon siswa sebesar 76,58%.


Keywords


google sites, teacher and student response; SMAN 1 Tembilahan Hulu

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Andriani, D., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 24. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830

Arikunto Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541

Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2003). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 50–65.

Hamalik. (2011). kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

HK Sandra, MD Tanamir, N. A. (2022). Kelayakan dan Praktikalitas Media Pembelajaran Thunkable Berbasis Android Pada Materi Ketahanan Pangan dan Industri Kelas XII IIS SMAN 1 Painan. Horizon, 1, 43–53.

Indriana, A., Yusuf, M., Maru, R., & Saputro, A. (2021). Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi untuk mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik. LaGeografia, 19(3), 284–301.

Ningsih, M. P., Hilman, I., & Guntara, F. (2020). Implementasi Blended Learning Melalui Google Classroom Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 1–15.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. Nizmania Learning Center, 190.

Nurkhofifah, Setriani L, S. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo. Skripsi.

Putri Novemry Karisma (2021). media pembelajaran fisika berbasis web google sites materi hukum newton pada gerak benda memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas X.

Ridsa, A., Sideng, U., & Suprapta, S. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran 3D Hologram dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Majene. LaGeografia, 18(3), 191-208.

Ridwan dan Sunarto (2009). Pengantar Statistika untuk Peneliti Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta.

Rosiyana. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor.

Saputra, H. N. (2019). Analysis of Teachers and Students Responses to The Implementation of The Deductive Hypotheses Cycle Model. Jurnal Pedagogik, 06(02), 278–299.

Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryanto. (2018). Analisis Perbandingan Antara Blogger dan Google Site.

Syakiroh Atik (2021). Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Peserta Didik Pada Pelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021.

Taufiq, I., Istiqomah, & Rikani. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel ( SPLTV ). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (6th senatik) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang, 54–61.

Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Pranamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 1805 times | PDF view : 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eriska Wahyuni, Nefilinda N, Ade Irma Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter