Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya

Edwardus Iwantri Goma(1*), Zeni Haryanto(2), Rahma Magfira(3),

(1) Prodi Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman
(2) Prodi Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman
(3) Prodi Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i1.33691

Abstract


 

Abstract

The COVID-19 pandemic has directly changed the learning process in Indonesia, from offline-based learning to online-based learning. This study aims to determine the process and inhibiting factors of online learning carried out in class XI Social Sciences in the geography subject of Indonesian cultural diversity at SMAN 1 Muara Jawa. This study uses a qualitative approach, using interview techniques, observation and documentation in data collection. The research subjects consisted of one teacher of geography and five students of class XI IPS. The data analysis technique was carried out using the Miles and Hubberman model, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that the implementation of online learning has been carried out quite well, most of the students and teachers already have the basic facilities needed, it illustrates the readiness to implement online learning. In the implementation of online learning, the teacher has carried out lesson plans and has carried out learning well, namely using learning methods, learning media, strategies and learning approaches that are adapted to the character of students; The inhibiting factors in online learning carried out at SMA N 1 Muara Jawa class XI IPS include unstable network conditions and students' difficulties in understanding learning materials.


Abstrak

Pandemi covid-19 secara langsung telah mengubah proses pembelajaran di Indonesia, dari proses pembelajaran berbasis luring menjadi pembelajaran berbasis daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan faktor penghambat pembelajaran daring yang dilaksanakan di kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di SMAN 1 Muara Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari satu guru mata pelajaran geografi dan lima siswa kelas XI IPS. Teknik analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring sudah terlaksana cukup baik, sebagian besar peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanakan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan metode pembelajaran, media pembelajaran, strategi dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter peserta didik; Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMA N 1 Muara Jawa kelas XI IPS diantaranya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran.


Keywords


geography; covid-19; sman 1 muara jawa;

Full Text:

PDF

References


Amaliah, R.R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10 (2), 119-131.

Arifin, M. (2016). Manajemen Saranan dan Prasarana Sekolah. Penerbit Ar-Ruzz-Media, Yogyakarta.

Duhita, S. A., Suprapta, S., & Hasriyanti, H. (2020). Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 18(2), 109-116. https://doi.org/10.35580/lageografia.v18i2.11942

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. LaGeografia, 18(1), 36. https://doi.org/10.35580/lga.v18i1.10974

Indriana, A., Yusuf, M., Maru, R., & Saputro, A. (2021). Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi untuk mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik. LaGeografia, 19(3), 284-301. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i3.14718

Kuntarto. E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1). Halaman 99-110. DOI: https://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung. Penerbit Remaja Rosadakarya, Bandung.

Menteri Pendidikan dan Kebudyaan RI. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID -19), Pub. L, No. Surat Edaran Nomor 4. Jakarta. https://doi.org/10.33474/yur.v4i2.11239

Milya Sari, A., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 15.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Universitas Negeri Jakarta Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226-242. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.14706

Purwanto, A., Pranomo, R., Asbari, M., Hyun, C.C., Wijayanti, L.M., Putri, S. R., & Santoso, P.B. (2020) Studi eskploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPSyCouns: Journal of Education, PSycology, and Counseling, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.835

Putria, et al. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu, 4 (4,). Halaman 61-70 https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professional: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1 (1), 88-97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung

Supardi. (2014). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Penerbit Rajawali Pers, Jakarta

Syarif, E. (2020). Penataan Lingkungan Sekolah Yang Kondusif Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas IX IPS SMA Negeri 6 Takalar. LaGeografia, 18(2), 171-177. https://doi.org/10.35580/lageografia.v18i2.13298

Syarifudin, A.S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sitem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 244 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edwardus Iwantri Goma, Zeni Haryanto, Rahma Magfira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter