Perbandingan Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Kartika XX-1 Makassar

Sukri Nyompa(1), Mila Fitasari(2*),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i3.25527

Abstract


The purpose of this study was to determine the comparison of the effectiveness of using Google Classroom and Google Meet on student learning outcomes in geography subjects. The method used was a quasi-experiment, with a pretest-posttest control group design. The population of this study was all students of class X SMA Kartika XX-1 Makassar, with a sample of two classes, namely class X MIA 4 and X MIA 5. The data from this study were obtained using a multiple choice test instrument of 20 questions conducted at the pretest time before the learning process, and posttest after the learning process was carried out. From the results of the study obtained an n-gain score of 27.84% which is included in the ineffective category in classes that use Google Classroom, while the n-gain score for classes that use Google Meet is 54.56% including in the less effective category. From the results of hypothesis testing, the sig. (2 tailed) of 0.04 where the value is <0.05 which means H0 is rejected. Based on this, it can be concluded that there is a significant difference in effectiveness between classes that use Google Classroom and classes that use Google Meet on student learning outcomes in geography subjects.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas penggunaan google classroom dan google meet terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Adapun metode yang digunakan adalah quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Kartika XX-1 Makassar, dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas X MIA 4 dan X MIA 5. Data hasil penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran, dan posttest setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian diperoleh n-gain skor sebesar 27,84% yang termasuk dalam kategori tidak efektif pada kelas yang menggunakan google classroom, sedangkan n-gain skor untuk kelas yang menggunakan google meet sebesar 54,56% termasuk dalam kategori kurang efektif. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,04 dimana nilainya < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara kelas yang menggunakan google classroom dengan kelas yang menggunakan google meet terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi.


Keywords


google classroom, google meet, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Abbas, I., Syarif, E., & Lisman, L. (2021). Relationship Between Emotional Intelligence and Geography Learning Outcomes of Class XII Students at Wahdah Islamiyah Integrated Islamic High School Makassar. LaGeografia, 20(1), 58–76.

Al-Malah, D. A.-R., Hamed, S. I., & Alrikabi, H. (2020). The Interactive Role Using the Mozabook Digital Education Application and its Effect on Enhancing the Performance of eLearning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(20), 21–41.

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Fan, J.-Y., & Ye, J.-H. (2022). The Effectiveness of Inquiry and Practice During Project Design Courses at a Technology University. Frontiers in Psychology, 13, 859164. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.859164

Gita Almaida, H., & Jaelani, A. (2021). THE INTEGRATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PBL) IN EDUCATION 4.0 TOWARD EFL STUDENTS’ ACTIVITIES. ENGLISH JOURNAL, 15(1), 50. https://doi.org/10.32832/english.v15i1.4562

Harahap, A., & Novi Srikandi Nasution. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Moral Siswa. Progres Pendidikan, UIN SYAHADA Padangsidimpuan, 2(1), 31–34. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.56

Hasriyanti, H., Arfan, A., & Faisal, S. R. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap hasil Belajar Geografi. LaGeografia, 20(2), 219–243.

Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770

Ridsa, A., Sideng, U., & Suprapta, S. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran 3D Hologram dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Majene. LaGeografia, 18(3).

Sasongko, A. D., & Harimurti, R. (2019). PENERAPAN SELF-DIRECTED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 4(01).

Sudirman, S. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan. LaGeografia, 18(3), 323–338.

Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syarif, E., & Syamsunardi, S. (2019). Geography Teacher Problems inSMAN 4 Takalar in the Implementation of 2013 Curriculum. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 9(1), 10–16.

Wahyuni, V. N. (2021). Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo. Diakses Pada Link Http://Digilib. Uinsby. Ac. Id/46396/2/Vivin% 20Nur% 20Wahyuni_D07217032. Pdf.

Wibawa, A. E. Y. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76–84.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sukri Nyompa, Mila Fitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter