Strategi Pengembangan Objek Wisata Appa’ di Pulau Kayuadi Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi

Ichsan Invanni(1), Rosmini Maru(2*), Reskianti Reskianti(3),

(1) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.25508

Abstract


Appa' tourism is one of the icons owned by the people of the Selayar Islands Regency. Seeing the development of the times, the flow of tourism must also be addressed and developed, including the appa' tourist attraction. This Study aims to find out (1) Reveal the characteristics of the Appa’ tourist attraction on Kayuadi Island, Selayar Islands Regency (2) Formulate a strategy for developing Appa’ tourism object on Kayuadi Island, Selayar Island Regency. This research method is descriptive qualitative method. Descriptive qualitative research is research that aim to describe and describe events,and events that occur in the field that present factual, systematic and accurate data that does occur according to field facts. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis and SWOT analysis.

 

Abstrak

Pariwisata appa’ merupakan salah satu ikon yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. Melihat prkembangan zaman, arus pariwisata juga mesti di benahi dan dikembangkan, tak terkecuali objek wisata appa’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengungkapkan karaketristik objek wisata Appa’ di Pulau Kayuadi Kabupaten Kepulauan Selayar (2) Merumuskan strategi pengembangan objek wisata Appa’ di Pulau Kayuadi Kabupaten Kepulauan Selayar. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan kejadian maupun persitiwa yang terjadi di lapangan yang memaparkan data secara faktual, sistematis serta akurat yang memang terjadi sesuai fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan Analisis SWOT.


Keywords


development strategy; tourist attraction; swot analysis; appa’

Full Text:

PDF

References


Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan (studi di kawasan objek wisata alam gunung galunggung desa linggajati kecamatan sukaratu kabupaten tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1).

Listyorini, H., Aryaningtyas, A. T., Wuntu, G., & Aprilliyani, R. (2022). Merintis desa wisata, menguatkan kerjasama badan usaha milik desa dan kelompok sadar wisata. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 67–74.

Maylinda, E. (2021). PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA ADAT OSING KABUPATEN BANYUWANGI PROVINSI JAWA TIMUR. IPDN Jatinangor.

Murphy, P. E. (1985). Tourism: A community approach. New York: Methuen. National Parks Today (199l): Green Guide for Tourism, 31, 224–238.

Mustafa, P. R. D., Syarif, E., & Badwi, N. (2020). Kontribusi Kawasan Wisata Budaya Dayak Terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat Suku Dayak Kenyah. LaGeografia, 18(2), 117–128.

Prasiasa, D. P. O., & Widari, D. A. D. S. (2019). Desa Wisata Berbasis Pemberdayaan, Kemitraan, dan Penguatan Kelembagaan Di Desa Terunyan, Bali. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(1), 55–71.

Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155–165.

Soekadijo, R. G. (2001). Logika Dasar: tradisional, simbolik, dan induktif. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ichsan Invanni, Rosmini Maru, Reskianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office