Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Daring Geografi di Masa Pandemi Covid-19

Maddatuang Maddatuang(1*), Suprapta Suprapta(2), Asdar Asdar(3),

(1) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.24046

Abstract


There has been a massive change in the learning system in the era of the Covid-19 pandemic which is characterized by the implementation of online learning. However, on the other hand, online learning must pay attention to the condition of learners related to learning motivation during the covid-19 pandemic. In this study, researchers wanted to know the relationship of student motivation levels with geography learning outcomes in online learning in the Covid-19 period which was held at SMAN 8 Maros. This research belongs to the ex post facto type of research. Independent variable data is obtained using a questionnaire using the likert scale and depenent variables are collected by documentation methods. Research results show that 1) the level of motivation of learners falls into the high category; 2) The average geography learning outcome of students falls into sufficient categories; 3) There is a relationship between student learning motivation and student learning outcomes.


Abstrak

Terjadi perubahan besar-besaran pada sistem pembelajaran di era pandemi Covid-19 yang ditandai dengan diterapkannya pembelajaran daring. Namun, disisi lain pembelajaran daring mesti memperhatikan kondisi peserta didik terkait motivasi belajar selama pandemi covid-19. Sehingga pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui hubungan tingkat motivasi belajar siswa dengan hasil belajar geografi pada pembelajaran daring dimasa Covid-19 yang diakan di SMAN 8 Maros. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penilitian ex post facto. Data variabel independen didapatkan dengan menggunakan angket menggunakan skala likert dan variabel depenen dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Hasil peneiltian menunjukkan bahwa 1) tingkat motivasi peserta didik termasuk dalam kategori tinggi; 2) rata-rata hasil belajar geografi siswa masuk dalam kategori cukup; 3) terdapat hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa.



Keywords


learning motivation; learning outcomes; online learning; covid-19

Full Text:

PDF

References


Adila, N. (2020). Faktor yang Mememngaruhi Kesulitan Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Gowa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian.

Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. LaGeografia, 18(1), 36–42.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Massey Jr, F. J. (1951). The Kolmogorov-Smirnov test for goodness of fit. Journal of the American Statistical Association, 46(253), 68–78.

Mukhtar, R. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa Dan Seni UNY [Universitas Negeri Yogyakarta]. Tersedia Secara Online Juga Di: Https://Eprints. Uny. Ac. Id/18297/1/SKRIPSI% 20RADINAL% 20MUKHTAR, 20(2809208241033), 29.

Nurjannah, H., Saputro, A., Maddatuang, M., & Fikri, M. J. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Pada Pembelajaran Geografi. LaGeografia, 19(1), 113–127.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242.

Raresik, K. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas V SD gugus VI. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18 (1), 25–30.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); Ke-3). Alfabeta.

Sulistyo, R., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2460–2470.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Syarif, E. (2020). Penataan Lingkungan Sekolah Yang Kondusif Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas IX IPS SMA Negeri 6 Takalar. LaGeografia, 18(2), 171–177.

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53.

Tirangka, M., Maddatuang, M., & Nyompa, S. (n.d.). Motivation Improvement and Geography Learning Results Through Inquiry Based Learning Model to Class XA Students at SMA Frater Makassar. UNM Geographic Journal, 1(1), 8–16.

Wati, T., & Kasmiati, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ttw (Think Talk Write) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kulisusu Pada Mata Pelajaran Geografi. LaGeografia, 18(1), 63–69.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maddatuang Maddatuang, Suprapta Suprapta, Asdar Asdar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office