Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Daring Mahasiswa Geografi Universitas Negeri Makassar

Ramli Umar(1*), Sukri Nyompa(2), Fembriyanti Novela Sary(3),

(1) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.22644

Abstract


Online learning requires students to improve and have more independence in learning. They also take the initiative to seek, understand, and explore the learning materials themselves. With this theme, the researchers conducted descriptive quantitative research in order to find out the condition of learning independence of students in the Department of Geography, FMIPA UNM and what kind of effect it had on their learning outcomes. The population of this study were active students of the Department of Geography, FMIPA UNM class 2017-2020 for the 2020/2021 academic year. By determining the sample stratified random sampling using the Slovin formula. The research data was obtained through a questionnaire in the form of a google form that was distributed and processed using descriptive statistical analysis (SPSS) by displaying the results of the study using tables, graphs and percentages which were then described qualitatively. The results of this study state that the learning independence of students of the Department of Geography FMIPA UNM class 2017-2020 2021 has high learning independence, this can be seen from the results of the classification of learning independence of 61% or 53 students from 87 samples. And most of the learning outcomes get high learning outcomes seen from the presence of 60 or 69% of students. with the results of the f test obtained fcount = 4.499 > ftable = 3.95 with a value of sig.0.037 <0.05 means that there is a positive influence of learning independence on learning outcomes by 5% while the relationship between learning independence and learning outcomes is 0.224 (low).


Abstrak

Pembelajaran daring menuntut mahasiswa untuk meningkatkan dan lebih memiliki kemandirian belajar. Juga berinisiatif mencari, memahami, dan mendalami sendiri materi pembelajaran. Dengan mengusung tema ini peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif guna mencari tahu kondisi kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UNM dan seperti apa pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapainya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif Jurusan Geografi FMIPA UNM angkatan 2017-2020 tahun ajaran 2020/2021. Dengan penentuan sampel stratified random sampling menggunakan rumus Slovin. Data penelitian diperoleh melalui angket dalam bentuk google form yang telah disebar dan pengolahannya menggunakan analisis statistik deskriptif (SPSS) dengan menampilan hasil penelitian menggunakan tabel, grafik dan persentase yang kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UNM angkatan 2017-2020 2021 memiliki kemandirian belajar yang tinggi, hal ini dilihat dari hasil klasifikasi kemandirian belajar sebesar 61% atau 53 mahasiswa dari 87 sampel. Dan hasil belajarnya sebagian besar mendapatkan hasil belajar yang tinggi dilihat dari adanya 60 atau 69% mahasiswa. dengan hasil uji f diperoleh fhitung=4.499 > ftabel=3.95 dengan nilai sig. 0,037 <0,05 berarti ada pengaruh positif kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 5% adapun hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,224 (rendah).


Keywords


online learning, independent learning, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian.

Badjeber, R. (2020). Kemandirian belajar mahasiswa tadris matematika FTIK IAIN Palu selama masa pembelajaran daring. Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 1(1), 1–9.

Dan, B., Emosional, K., & Ariani, I. (2015). PRESTASI MAHASISWA AKUNTANSI ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji ). 1–23.

Febriansyah, S. (2015). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses Pada, 22.

Hanggara, A., & Amiati, A. T. (2018). TINGKAT RESILIENSI SISWA (Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Kecakapan Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Resiliensi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(01), 35–45.

Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 24–30.

Nagpal, K., Priyamakhija, J., & Leena, G. (2013). Independent learning and student development. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(10), 210.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242.

Pujiank, S., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2016). Kemampuan metakognisi mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10).

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83.

Slameto, B., & yang Mempengaruhinya, F.-F. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

SMK, S. K. P. S., & Dewi, Y. F. A. C. (2017). Hubungan antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Studi Kasus pada Siswa SMK 7 Yogyakarta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); Ke-3). Alfabeta.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).

Syarif, E. (2018). Learning Geography Based Investigations and Tournaments in Class X students of SMA Negeri 3 Takalar. LA GEOGRAFIA, 6(3), 144–150.

Syarif, E. (2020). Penataan Lingkungan Sekolah Yang Kondusif Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas IX IPS SMA Negeri 6 Takalar. LaGeografia, 18(2), 171–177.

Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 131–137.

Vilmala, B. K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(2), 145–154.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui Blended Learning di masa pandemi covid-19.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ramli Umar, Syukri Nyompa, Fembriyanti Novela Sary

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office