Efektivitas Pembelajaran E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Makassar

Hasriyanti Hasriyanti(1), Amal Arfan(2*), Siti Raihanah Rinduputri Faisal(3),

(1) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.22509

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of using the Google Classroom application in learning geography for class X students of SMA Negeri 14 Makassar referring to learning outcomes. This is a pre-experimental study involving one experimental group, namely class X MIPA 5 using purposive sampling technique. Data collection was carried out using learning outcomes tests and questionnaires. The data analysis technique used is statistical analysis technique and product moment correlation. The results of the study stated that the use of Google Classroom on the geography learning outcomes of class X students of SMA Negeri 14 Makassar was not effective. The relationship between the two variables was tested for significant correlation coefficient with t test obtained tcount (2,386) > ttable (2,045), so that H0 was accepted with a contribution of 16.4025%. There are inhibiting factors, namely: constrained internet access and supporting factors, namely the application of Google Classroom and student motivation.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran goegrafi di kelas X SMA Negeri 14 Makassar mengacu pada hasil belajar. Merupakan penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok ekperimen yaitu kelas X MIPA 5 menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analis statistika dan korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 14 Makassar tegolong tidak efektif. Hubungan antara kedua variabel dilakukan pengujian signifikan koefisien korelasi dengan uji t diperoleh thitung (2,386) > ttabel (2,045), sehingga H0 diterima dengan kontribusi sebesar 16,4025%. Terdapat faktor penghambat yaitu: terkendala akses internet serta faktor pendukung yaitu pengaplikasian Google Classroom dan motivasi siswa. 


Keywords


effectiveness; learning outcomes; google classroom; learning geography

Full Text:

PDF

References


Abbas, I., Syarif, E., & Lisman, L. (2021). Relationship Between Emotional Intelligence and Geography Learning Outcomes of Class XII Students at Wahdah Islamiyah Integrated Islamic High School Makassar. LaGeografia, 20(1), 58–76.

Arifin, S. R., & Merdekawati, E. G. (2020). Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(3), 278–281.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=j5EmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=BUKU+evaluasi+pendidikan&ots=6uvQFkvLVL&sig=cJB-qSmPKi-1BUY8hH4XKUngexs

Berk, R. A. (2005). Survey of 12 strategies to measure teaching effectiveness. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(1), 48–62.

Husaini, M. (2014). Utilization of Information Technology in Education Fields (E-Education)(In Indonesia Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education)). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.

Lukman, E. N., Tambunan, M. P., & Tambunan, R. P. (2021). Kajian Regulasi Covid-19 Pada Pola Sebaran Covid-19 di Kabupaten Luwu Timur. LaGeografia, 19(3), 373–386.

Ningrum, A. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic Covid-19 Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01).

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226–242.

Purwanto, E. (2010). Problematika Pembelajaran Geografi. Pidato

Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Geografi Pada Fakultas Ilmu Sosial Disampaikan Pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang. Tanggal, 6.

Royani, A., & Kepanjenkidul, S. D. N. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 294–311.

Simanuhuruk, B. W., Simarmata, M., & Aprianto, A. (2019). The Growth and Yield of Sweet Corn under Minimum Tillage Technology by Using Various Doses of Herbicide Mixtures of Glyphosate and 2, 4-D. Akta Agrosia, 22(2), 63–69.

Slameto, B., & yang Mempengaruhinya, F.-F. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); Ke-3). Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasriyanti Hasriyanti, Amal Arfan, Siti Raihanah Rinduputri Faisal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office