Modernisasi Industri Gitar di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah

Afif Baihaqi Verinza(1), Sylvia Mildiana Ningrum(2), Lilis Karunia Atmaja(3), Fajri Irfani Riswan(4), Misya Silvia(5), Siti Hadiyati Nur Hafida(6*),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i2.22462

Abstract


The guitar industry in Baki District is the center of guitar manufacture in Sukoharjo Regency. To maintain its existence in the community, this industry requires a modern digital-based production, sales and marketing system. This study aims to analyze the extent of modernization carried out by the guitar industry in relation to the production, sales, and marketing of products. This research uses descriptive quantitative research. The selection of respondents was carried out by purposive sampling and obtained as many results 32 sample,while the analysis technique used was descriptive statistics. The results of the analysis show that the guitar industry has not been maximized in utilizing the existing of modernization. This is indicated by the strength factor in the form of human resources, while the weakness is in the form of open market share. Therefore, with the strengths and weaknesses it has, it is found that there are a problems that make guitar product sales have not reached the maximum point, that is modernization in production, marketing, and sales.

 

Abstrak

Industri gitar di Kecamatan Baki merupakan sentra pembuatan gitar di Kabupaten Sukoharjo.Untuk mempertahankan eksistensinya di kalangan masyarakat, industri ini memerlukan sistem produksi, penjualan, dan pemasaran yang modern berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana modernisasi yang dilakukan oleh pelaku industry gitar dalam kaitannya dengan produksi, penjualan, dan pemasaran produk.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif.Pemilihan responden dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh hasil sebanyak 32 sampel, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif.Hasil analisis menunjukkan bahwa industri gitar belum maksimal dalam memanfaatkan modernisasi yang ada. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya factor kekuatan berupa sumber daya manusia sedangkan kelemahannya berupa terbukanya pangsa pasar oleh karena itu, dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya tersebut, ditemukan permasalahan yang membuat penjualan produk gitar belum mencapai titik maksimal, yaitu modernisasi dalam produksi, pemasaran, dan penjualan.


Keywords


guitar industry; marketing; sales; production; modernization

Full Text:

PDF

References


Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018). Determinan Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Industri Kreatif. Jurnal Ekonomi Modernisasi,

(1), 40–56.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8

Harwiki, W., Choiron, A., & Hartini, S. (2018). Batik Creative Industry: Creativity, Innovation and Competitiveness to Encounter Global Market. Journal of Business and Finance in Emerging Markets, 1(2), 189–196.

Hasmiati, H. (n.d.). Prospek Industri Meubel Terhadap Pendapatan Keluarga Pengrajin Di Kelurahan Malewang Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. LaGeografia, 16(2), 74–85.

Hastiningsih, W. T., Junaedi, Sari, A. A., & Prastowo, I. (2019a). PPPUD Gitar Sebagai Uunggulan Daerah dan Wisata Industri Kreatif di Desa Mancasan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(4), 235–238.

Hastiningsih, W. T., Junaedi, Sari, A. A., & Prastowo, I. (2019b). Pengembangan Usaha Gitar Sebagai Wisata Industri Kreatif Unggulan Daerah. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1025–1032.

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Mizar, M. A., Tuwoso, Priyono, Hermawan, A., & Iriaji. (2014). Pengembanan Industri Kreatif Berbasis Bahan Baku Kayu di Malang-Jatim. Jurnal Teknik Mesin, 22(1), 71–80.

Mulyandi, M. R., & Puspitasari, V. A. (2018). Industri Kreatif, Media Sosial, dan Minat Berwirausaha: Sinergi Menuju Pembangunan Berkelanjutan. National Conference of Creative Industri, 1–9.

Pahlevi, A. S. (2017). Gagasan Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional (Studi Pada Potensi, Peluang Dan Tantangan Ekonomi Kreatif Di Kota Malang). Seminar Nasional Seni Dan Desain, 185–188.

Putri, A. Z., Pramudiati, N., Nusron, L. A., & Prasetyo, D. (2021). Modernisasi Strategi Umkm Demi Resistensi Usaha Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.12009

Putri, D., Nurhapsa, N., & Sriwahyuningsih, A. E. (2021). Marketing Strategy of Oyster Mushroom (Pleurotus Ostreatus) in Maritengngae District, Sidenreng Rappang Regency (Case Study of Independent Mushroom Business). LaGeografia, 20(1), 32–42.

Sekti, W. B., & Armayana, R. (2020). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sentra Industri Gitar dalam Menghadapi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 49–70. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3257

Sunariani, N. N., Suryadinata, A. O., & Mahaputra, I. I. R. (2017). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–20.

Tambunan, R., & Sinuraya, F. (2016). Pengaruh Kebijakan Promosi Terhadap Perubahan Volume Penjualan Pada CV.Allan Aritha Utama Kabanjahe. Jurnal Ilmiah Methonomi, 21–36.


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afif Baihaqi Verinza, Sylvia Mildiana Ningrum, Lilis Karunia Atmaja, Fajri Irfani Riswan, Misya Silvia, Siti Hadiyati NurHafida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: lageografia@unm.ac.id | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter