ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH FISIKA BAGI PESERTA DIDIK MAN 3 BONE

Andi Agustina(1*), Ahmad Yani(2), Herman Herman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i3.9926

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kesulitan yang di alami peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah fisika di MAN 3 Bone. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Bone tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 159 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bentuk essai dan angket yang telah valid untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dalam indikator memahami masalah (menuliskan apa yang diketahui ditanyakan) adalah 43, 33 %, membuat rencana (menuliskan persamaan) adalah 24, 04 %, dan melaksanakan rencana (menyubtitusi data ke dalam variabel) adalah 21, 67 % dan yang mampu dalam melakukan perhitungan matematis adalah 15, 56 %. Adapun kesulitan siswa dalam memecahkan masalah seperti 1) kurangnya bimbingan langkah- langkah dalam menyelesaikan soal, 2) siswa tidak dituntut untuk mampu menyelesaikan soal dengan benar, 3) menuliskan rumus yang tepat, 4) Penjelasan guru yang cepat dalam memberikan materi sehingga siswa kesulitan memahami masalah dalam soal yang diberikan.

Full Text:

PDF

References


Dwi, S. 2012. Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran KOntekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA).

Kurniawan. 2007. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasa Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII Semester

Ganjil SMP Negeri 6 Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007.

Ogunleye, A. 2009. Teacher and Student Perception of Student Problem Solving Difficulties in Physics: Implication for Remidion.

Sugiarto, B. D. 2016. Studi Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Menurut Langkah Pemecahan Masalah Polya Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika.

Suma, K. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika.


Article Metrics

Abstract view : 905 times | PDF view : 360 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License