PENGGUNAAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PERUBAHANNYA

Erniwati Erniwati(1*), Rosdiana Eso(2), Sitti Rahmia(3),

(1) Jurusan PMIPA Program Studi Pend. Fisika FKIP UHO
(2) Jurusan PMIPA Program Studi Pend. Fisika FKIP UHO
(3) Jurusan PMIPA Program Studi Pend. Fisika FKIP UHO
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v10i3.964

Abstract


This study was an experimental study with practical application of video-based media in learning, which aims to improve student learning outcomes in the subject matter and temperature changes. Research conducted in this Kendari SMPN5 utilize VIIB class as experimental class and class VIIa as a control class. The results of this study showed that the mean scores of post-test experimental class students significantly better than the average score post-test control class indicated by the average score of students' post-test experimental class at 61.37 and scores the average post-test control class at 43.27 with thit value = 3.82> ttab = 2.01 at α = 0.05. While the average score gain results-physics students learn science class experiment significantly better than the average score gain results Physics students learn science-control class indicated by the average score of student learning outcomes gain of 0.40 and the experimental class the average score gain control class student learning outcomes of 0.24.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penerapan media praktikum berbasis video dalam pembelajaran,yang bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan perubahannya. Penelitian yang dilakukan di SMPN 5 Kendari ini memanfaatkan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada skor rata-rata post-test siswa kelas kontrol yang ditunjukkan oleh skor rata-rata post-test siswa kelas eksperimen sebesar 61,37 dan skor rata-rata post-test siswa kelas kontrol sebesar 43,27 dengan nilai thit = 3,82 > ttab = 2,01 pada α = 0,05. Sedangkan skor rata-rata gain hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan daripada skor rata-rata gain hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas kontrol yang ditunjukkan oleh skor rata-rata gain hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,40 dan skor rata-rata gain hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,24.

Kata Kunci:  media praktikum berbasis video, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF (269 - 273)

References


Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Herwinarso. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video. http://fisika.fst.unair.ac.id/seminar/fisika2.pdf.

Kustiani, M., dkk. 2012. Jurnal: pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video. Department Fisika, FST, Universitas Airlangga. Surabaya.

Meltzer, 2002. The Realitionship Between Mathematics Preparation and Conceptual Leraning Gain In Physics: a possible “Hidden Variable In Diagnostic Prestest Scores”. American Journal.

Santoso, R. 2012. Metode Mengajar. http://id.scribd.com/doc.

Saptariana, N. 2013. Skripsi: Pengembangan Video Pembelajaran Praktikum IPA (Fisika) Materi Bunyi, Cahaya, dan Alat Optik untuk SMP/MTs Kelas VIII. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Saragih, F., dkk. 2012. Jurnal: Pengembangan Video Eksperimen Pembelajaran Inquiry. Department Fisika, FST, Universitas Airlangga. Surabaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sujarwo & Delnitawati. 2013. Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. http://www.umnaw.ac.id/laporan-sujarwo.pdf.

Sukartini & Faisal. 2009. Teori Psikologi Pendidikan. Dalam Ali, M.,

Ibrahim, R., Sukmadinata, N.S. Sudjana, D., dan Rasyidin, W (Penyunting).Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. IMTINA. Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 3777 times | PDF (269 - 273) view : 3463 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License