EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI KOMPUTER PADA TOPIK SUPERPOSISI GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Muhammad Tawil(1*), Dadi Rusdiana(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i2.950

Abstract


Penelitian ini berjudul efektivitas pembelajaran berbasis simulasi komputer dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada topik superposisi gelombang dan untuk mengetahui respon mahasiswa dan respon dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan disain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada topik superposisi gelombang dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol  terjadi peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada topik superposisi gelombang dengan kategori rendah,  respon mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer pada topik pengertian gelombang  positif.

 

Kata kunci : pemahaman konsep, respon dosen, respon mahasiswa, simulasi komputer, topik gelombang 


Full Text:

PDF

References


Anderson, W. L & Krathwohl, R, D. 2001. A Taxonomi for Learning Teaching and Asessing A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. USA: Addison Wesley Longman.

Belloni,M., & Cristian, W. 2005. Physlets and Open Source Physics for Quantum Physics : Visualizing Quantum Physics. Revivals. Learning a Teaching Journal.

Billinger., Miller., & Robler, A. 2006. Encouraging Creativity-Support of Mental Processes by Virtual Experience. Virtual Reality Word 1996. IDG Conferences & Seminar.

Bossomaier, T.R.J., & Snyder, A.W. 2005. Complexity, Creativity and Computers. Complexity International Journal. (10).

Creswell. J. W., & Plano Clark,V.L. 2007. Designing and Conducting. Mixed Methods Research.London & New Delhi: Sage Publications.

Dahar, R.W. 1996.. Teori-teori Belajar. Jakarta : P2LPTK.

Depdiknas. 2003. Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Pusat kurikulum.

Finkelstein, N, Adams. W.K, Keller. C.J, Kohl. P.B, K.K. Perkins,

Podolefsky. N.S, Reid. S., & LeMaster, R. 2006. ” When learning about the real word is better done virtually: a study of substituting computer simulations for laboratory equipment. Phys. Rev. ST: Phys. Educ. Res. 1, 010103.

Hamlen, K. R. 2009. Relationships Between Computer and Video Game Play and Creativity amomg Upper Elementary School Students. Journal of Educational Computing Research.

Harsanto, R.2005. Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Hisyam, I (2009). Analisis Butir Tes Dan Kuesioner Software BUTPAD, ITEMAN, DAN BILOG. Pusat Analisis Data Jurusan Matematika: Universitas Negeri Makassar.

Kozma, R.B. 1991. Learning with Media. Review of educational Research.

McKagan, S.B., K.K. Perkins,M. Dubson,C. Malley, S. Reid,R. LeMaster., & C.E. Wieman. 2008. Developing and Researching PhET Simulation for Teaching Quantum Mechanics. Physics Education Technologi Journal.

Meltzer, D.E. 2002. “The Relantionship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics”. American Journal of Physics. 70(7).

Ming, L. C., Hyun,L. 2007. Stimulative MechanisM For Creative Thinking. IaSDR07. Graduate School of Computational Design, National Yunlin University of Science and Technology. Taiwan. R.O.C.

Northcott, B., Milliszewska., & Dakich,E. 2007. ICT for Inspiring Creative Thinking. Proceeding Ascilite Singapore .

Pickard., Marry. 2007. The New Booms Taxonomy : An Overview For Family And Consumer Sciences. Journal of Family and Consumer Sciences Education, 25(1).

Sears., & Zemansky. 2004. Fisika Universitas. Edisi kesepuluh jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Subiyanto. 2001. Evaluasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Tawil,M. 2007. Pengembangan Asesmen Portofolio Fisika Untuk Mengases Kompetensi Siswa SMA Negeri I Sungguminasa. Tesis. Pasca Sarjana UNESA. Surabaya.

Team Dosen. 2003. Silabus Program Pendidikan Fisika FMIPA UNM. Tidak diterbitkan.

Tipler. P.A. 1996. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 2. Edisi 2. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 1016 times | PDF view : 576 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License