UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Nurcaya Nurcaya(1*), Muhammad Agus Martawijaya(2), Bunga Dara Amin(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i1.948

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 8 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 39 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan pada siklus II dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data  hasil belajar  fisika siswa yang diambil dari tes setiap siklus dan data mengenai situasi belajar mengajar diambil pada saat dilaksanakan tindakan dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dengan menggunakan tes hasill belajar  pada evaluasi mata pelajaran fisika pada siklus I menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai di atas KKM adalah 14 orang dengan persentase 35,90% dan pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai nilai di atas KKM adalah 32 orang dengan persentase 82,05%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 8 Makassar kelas XI pada materi usaha dan energi.

Kata Kunci : Hasil Belajar Fisika, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

 


Full Text:

Untitled

References


Abdullah, 1987, Pokok-Pokok Pelayanan Bimbingan Belajar, Ujung Pandang: FIP Ujung Pandang.

Amir taufiq, M. 2009, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Arikunto S, 2005, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Dewey , John, 1948, Democracy and Education, New York: Macmillan Company

.

Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri Syaiful. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RinekaCipta

Hamalik, umar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara

http//:IWayanSantyasa.blogspot.com/2008/05/ Pembelajaran Berbasis Masalah dan PembelajaranKooperatif.html/05/21/ 2009/ 09.30 AM

http//:wordpress.com/Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. html/05/21/2009/ 10.30 AM

Kusnandar . 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Muhammad Natsir. 2004. Strategi Pembelajaran Fisika. Makassar : Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar

Mulyasa. 2005. Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetyo , Zuhdan K, 2006, Kapita Selekta Pembelajaran Fisika, Jakarta: Universitas Terbuka

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar :BadanPenerbit UNM


Article Metrics

Abstract view : 1693 times | Untitled view : 905 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License