KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Agustinus Jarak Patandean(1*),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i1.947

Abstract


Keterampilan generik serta beberapa istilah lain yang serupa telah berkembang luas di Amerika, Australia dan Eropa. Di Indonesia, keterampilan generik yang lebih popular dengan nama soft skills ini belum menjadi perhatian besar bagi stakeholders Sekolah Menengah Umum (SMA). Makalah ini akan memaparkan urgensi serta tuntutan dunia kerja akan keterampilan generik bagi tenaga kerja yang mereka butuhkan. Makalah ini juga akan membandingkan kesesuaian elemen-elemen keterampilan generik yang berkembang di Australia dengan dua mata pelajaran kelompok adaptif di SMA. Kajian ini mengambil mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) dan Kewirausahaan sebagai pembanding dengan konsep keterampilan generik model Australia.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa elemen keterampilan generik di pelajaran-pelajaran kelompok adaptif masih sangat kurang dibandingkan dengan jenis keterampilan yang sama yang berkembang di Australia. Pada bagian akhir akan dipaparkan beberapa pilihan dan agenda pengembangan keterampilan generik sebagai kerangka untuk membangun karakter khas siswa.

Kata Kunci: keterampilan generik; kurikulum kelompok adaptif; Employability Skills Framework Australia; karakter siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Brown, P, Hesketh, A & Williams, S 2003, ‘Employability in a knowledge-driven economy’, Journal of Education and Work, vol. 16, no. 2, pp107-126, diakses 27/07/2009, informaWorld database.

Buruh Asing Semakin Tidak Terkontrol, Kompas, 3 Mei 2010.

Callan, VJ 2003, Generic Skills Understanding Vocational Education and Training Teacher and Student Attitudes, NCVER, Adelaide.

Clarke, M 2007, ‘Understanding and managing employability in changing career contexts’, Journal of European Industrial Training, vol. 32, no. 4, pp258-284, diakses 27/07/2009, Emerald Fulltext database.

Commonwealth of Australia 2001, Employability Skills for the Future, Canberra, AusInfo, diakses 12/08/2009, http://www.dest.gov.au/sectors/training_skills/publications_resources/other_ publications/

Cornford, IR 2005, Challenging Current Policies and Policy Makers’ Thinking on Generic Skills, Journal of Vocational Education and Training, vol. 57, no. 1, pp25-46, diakses 20/09/2009, informaWorld database..

Cornford, IR 2006, Making Generic Skills More Than a Mantra in

Vocational Education Policy, Makalah disampaikan pada AARE Conference Adelaide, 26-30 November 2006.

Departemen Pendidikan Nasional 2008, Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 251/C/Kep/Mn/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Dewey, J 1916, Democracy and Education: an Introduction to the Philosophy of Education, The Free Press, New York.

Fugate, M, Kinicki, AJ & Ashforth, BE 2004, ‘Employability: A psycho-social construct, its dimensions, and applications’, Journal of Vocational

Behavior, vol.65, no. 01, pp14-38, diakses 28/07/2009, Science Direct database.

Gough, A 2009, ‘Pathways and transitions from school to work: Australian experiences’, in R Maclean & DN Wilson (eds.), International Handbook of Education for the Changing World of Work: Bridging Academic and Vocational Learning, Volume 5, Springer, pp2263-2278.

Lewwe, PG 2002, Schools and Skills in Developing Countries: Education Policies Socioeconomic Outcomes, Journal of Economic Literature, vol. XL, pp.436-482, diakses 12/10/2009, ProQuest Central.

Maclean, R & Wilson, D 2009, Education for the Changing World of Work: Bridging Academic and Vocational Learning, In R. Maclean & D. Wilson (Eds.), International handbook of education for the changing world of work. Dordrecht: Springer.

Menakertrans, 2009, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep.57/MEN/III/2009 tentang Penetapan

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Bidang Kepemanduan Wisata.

Menteri Pendidikan Nasional 2006a, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Menteri Pendidikan Nasional 2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Modul Kewirausahaan 2004, Direktorat Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional.

NCVER (National Centre for Vocational Education Research) 2003, Defining Generic Skills, NCVER, Adelaide.

Novri, S, 2010, Kompleksitas Konflik Industri, Jawa Pos, 24/04/2010.

Payne, J 2000, The Unbearable Lightness of Skill: the Changing Meaning of Skill in Uk Policy Discourse and Some Implications for Education and

Training. Journal of Educational Policy, vol. 15, no. 3, pp353-369, diakses 20/08/2009, informaWorld database.

Pusat Kurikulum 2007, Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SMK, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, diakses 10/10/2009,

http://www.puskur.net/download/prod2007/45_Kajian%20Kebijakan%20Kurikulum%20SMK.pdf

Van Dam, K 2004, Antecedents and Consequences of Employability Orientation, European Journal of Work and Organizational Psychology, vol. 13, no. 1, pp29-51, diakses 20/08/2009, informaWorld database.

Wagiran, W 2008, The Importance of Developing Soft Skills in Preparing Vocational High School Graduates, diakses 15/04/2010 dari tersedia pada www.voctech.bn.

Wijaya, TA & Mintana, A 2008, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK and MAK Kelas XII, Erlangga, Jakarta.

Widodo, W 2009, Tinjauan tentang Keterampilan Generik, diakses 20/04/2010 http://vahonov.files.wordpress.com/2009/07/keterampilan-generik.pdf


Article Metrics

Abstract view : 1516 times | PDF view : 520 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License