UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI DISKUSI KELOMPOK TERBIMBING OLEH TUTOR SEBAYA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA NEGERI 2 WATANSOPPENG

Musdalifah Musdalifah(1*), Agustinus Jarak Patandean(2), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i1.941

Abstract


engetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar fisika siswa melalui Diskusi terbimbing oleh tutor sebaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dan Siklus II selama 3 kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir Siklus I dan Siklus II, sedangkan data motivasi diperoleh dari angket motivasi dan lembar observasi di setiap akhir Siklus. Data yang terkumpul, dianalisis secara kuantitatif dan kulitatif. Hasil analisis kuantitatif dan kualitatif data hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajarnya pada Siklus I adalah 21 orang atau 65,62% dan siklus II adalah 26 orang atau 81,25%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Watansoppeng. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui diskusi kelompok terbimbing oleh tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar fisika, motivasi belajar siswa dan diskusi kelompok terbimbing oleh tutor sebaya.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Rineka Cipta Jakarta.

Akhmad Sudrajat. 2009. Hakikat Belajar. http:// akhmadsudrajat. Wordpress. com. Diakses tanggal 30 Juni 2009

Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Azis Wahab. 2007. Metode dan Model-model Mengajar IP. Alfabeta. Jakarta.

Bahri, D.S. 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta

Dossuwanda. 2008. Penggunaan Metode tutor Sebaya.http;/dossuwanda.wordpress.com/. Diakses tanggal 17 Juli 2009.

Foster, Bob. 2005. 1001 Plus Soal dan Pembahasan. Erlangga. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Kanginan, Marten. 2007. Fisika. Erlangga. Jakarta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muntasir. 2007. Penerapan metode Tutor Sebaya dalam Upaya Mengorganisasikan Kelas. hhtp:/smkswadayatmg.wordpress.com/, diakses tanggal 17 Juli 2009.

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Refika Aditama. Bandung.

Purwanto, Budi. 2004. Fisika Dasar Teori dan implementasinya. Tiga Serangkai. Solo

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung.

Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sardiman A.M. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali pers. Jakarta

Sawali. 2007. Diskusi Kelompok Terbimbing model Tutor Sebaya. http:/sawali.info/. diakses tanggal 17 Juli 2009.

Suhadi. 2008. Diskusi Kelompok, http/:suhadinet.wordpress.com, diakses tanggal 17 Juli 2009.

Suhadi. 2009. Tutor Sebaya. http:/www.psb-psma.org/conten/blog/. diakses tanggal 17 Juli 2009.

Yamin, M. 2003. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada Press. Jakarta.

Zainal Aqib. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendekia. Surabaya


Article Metrics

Abstract view : 790 times | PDF view : 265 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License